Digital

Dukungan DANA untuk UKM Toba Go Digital

SUMBER: DANA

DANA terus menegaskan komitmen mereka untuk mendukung percepatan transformasi digital usaha mikro, kecil, dan menengah (UKM). Kali ini, melalui teknologi yang dikembangkan, DANA ikut dalam upaya mendorong laju pertumbuhan ekonomi kreatif digital di kawasan Toba yang telah ditetapkan pemerintah sebagai salah satu destinasi pariwisata super prioritas.

DANA mengadakan pelatihan DANA Bisnis dan edukasi bertemakan UMKM Siap Digital di tiga lokasi, yaitu Samosir, Toba, dan Dairi. Selain itu, DANA juga menandatangani nota kesepahaman bersama Institut Teknologi Del (IT Del) sebagai akselerator terselenggaranya digitalisasi UKM di wilayah Toba.

Mendukung IT Del sebagai akselerator, DANA akan melakukan program alih pengetahuan untuk membangun pemahaman mahasiswa terhadap dunia kerja serta peluang dan potensi industri digital. Selain itu juga mengembangkan e-retribusi yang menargetkan delapan kabupaten di sekitar Danau Toba. DANA akan mendukung dari sisi pengembangan teknologi serta implementasi.

“DANA melihat besarnya potensi ekonomi kreatif kawasan Toba untuk dikembangkan. Dengan dukungan para pemangku kepentingan dan ekosistem ekonomi digital secara keseluruhan, kami optimistis mereka akan mampu meningkatkan kualitas produk dan layanannya, menciptakan kebutuhan pasar baru, memperluas jangkauan usaha serta mempercepat respon pasar yang merupakan fondasi penting bagi keberlanjutan bisnis,” ujar Chief People & Corporate Strategy Office DANA Agustina Samara.

Ia menambahkan, DANA berusaha mengakselerasi digitalisasi UKM dengan fitur-fitur yang hadir di DANA Bisnis. Harapannya, dengan mengoptimalkan fitur-fitur tersebut, UKM dapat meningkatkan kompetensi bisnis mereka.

Saat ini, pengguna DANA Bisnis tersebar hampir di seluruh provinsi di Indonesia. Untuk Pulau Sumatera, jumlah pengguna DANA Bisnis mencapai lebih dari 18.000 dan lebih dari 5.500 di antaranya berada di Sumatera Utara, termasuk UKM di sekitar Danau Toba.

Editor: Eko Adiwaluyo

The Latest

To Top