Finance

Eastspring Indonesia Gaet Bank DBS Luncurkan Reksa Dana Baru

Eastspring Indonesia
Sumber: 123RF

Eastspring Investments Indonesia, perusahaan manajer investasi mengumumkan kemitraan strategis dengan Bank DBS Indonesia. Kedua belah pihak tersebut meluncurkan reksa dana baru, yaitu Reksa Dana Indeks Eastspring ID ESG Leaders Plus.

Kemitraan antara kedua belah pihak ini bertujuan untuk mendukung perkembangan industri dan berkomitmen untuk memajukan pasar modal. Reksa dana tersebut pun merupakan reksana dana onshore pertama yang berbasis dari kinerja indeks IDX ESG LEADERS yang mengkombinasikan strategi sustainability dan offshore sharia.

Peluncuran reksana dana ini mendorong praktik environmental, social & corporate governance (ESG) untuk memberikan solusi bagi nasabah untuk berinvestasi. Selain itu, Reksa Dana Eastspring IDX ESG Leaders Plus menjadi salah satu bagian dalam penerapan investasi berkelanjutan di Indonesia.

Reksa Dana Indeks Eastspring IDX ESG Leaders Plus merupakan reksana dana indeks yang menempatkan 80-100% investasinya pada instrument saham dan maksimal 20% nya ditempatkan di instrument pasar uang atau deposito. Lebih lanjut reksa dana ini memiliki fleksibilitas untuk melakukan offshore sharia sampai dengan maksimal 15% di sektor yang mendukung keberlanjutan.

Alan J. Tangkas Darmawan, Presiden Direktur PT Eastspring Investments Indonesia menjelaskan bahwa Reksa Dana Indeks Eastspring IDX ESG Leaders Plus merupakan suatu pencapaian penting dalam investasi berkelanjutan yang lebih baik di Pasar Modal Indonesia. Hal tersebut pun sejalan dengan komitmen para pelaku industri reksa dana untuk meningkatkan ragam produk investasi berbasis indeks.

“Kami optimistis produk ini akan diminati oleh investor. Sebab, pemilihan saham-saham kami memiliki kinerja keuangan baik pada seluruh perusahaan yang sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan memiliki unsur Environmental, Social, dan Governance (ESG),” jelas Alan.

Selanjutnya, Rudy Tandjung, Director of Consumer Banking Group PT  Bank DBS Indonesia menambahkan bahwa produk reksa dana tersebut dilengkapi oleh rangkaian produk finansial komprehensif yang tangguh. Selain itu, produk tersebut juga trendi, dan khusus untuk investasi berkelanjutan.

“Ini merupakan komitmen kami sebagai mitra manajemen kekayaan terpercaya. Kami selalu mempersonalisasi dan mengomunikasikan risiko, kinerja, maupun potensi perkembangan strategi potofolio kepada nasabah. Dengan demikian, nasabah dapat yakin dan selalu terdepan dalam mengambil keputusan akurat di saat yang tepat,” tambah Rudy.

Hingga saat ini, Bank DBS telah memasarkan 4 jenis produk reksa dana kelolaan Eastspring Indonesia. Keempat produk tersebut antara lain Eastspring Investments Yiled Discovery, Eastspring Investments Alpha Navigator, Eastspring Value Discovery dan Eastspring Investments IDR High Grade.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

The Latest

To Top