Opinion

Edukasi Berkendara Secara Aman ala Mahasiswa LSPR

Mahasiswa Institut Komunikasi & Bisnis LSPR Jakarta jurusan Marketing Communications batch 21 menyelenggarakan kampanye sosial daring yang dinamakan SALTING (Safety and Talking) melalui media sosial Instagram dengan akun @salting2k20. Hal ini dilatarbelakangi oleh data Korlantas POLRI per Februari 2020 dimana terdapat sebanyak 210 kecelakaan kendaraan yang didominasi oleh usia 16-35 tahun dengan kendaraan roda dua yaitu sebanyak 114 kejadian. Kegiatan ini merupakan mata kuliah Marketing Showcase. Pada tahun lalu, acara serupa dilakukan secara offline bernama ‘LSPR RUN’. Dan tahun ini, kegiatan Marketing Showcase dilaksanakan secara online dengan mengangkat isu sosial yang sedang terjadi di masyarakat yaitu Safety Riding.

Setelah PSBB dilonggarkan, banyak pengendara yang tidak peduli akan aturan berkendara di jalan raya. Pelanggaran kerap terjadi, seperti melawan arah, pengendara di bawah umur, bahkan yang konyol, menggunakan masker tapi tidak menggunakan helm. PSBB memang dilonggarkan, tapi aturan berkendara tentu tidak ikut longgar. Hal inilah yang ingin kami edukasikan kepada anak-anak muda lewat acara online Salting 2020.“ menurut Novrita Widiyastuti, dosen pengampu mata kuliah Marketing Showcase LSPR.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan mengedukasi generasi muda terutama siswa/i Sekolah Menengah Atas. Penerapan keselamatan dalam mengendarai kendaraan bermotor harus dimulai sedini mungkin. Kegiatan edukasi ini akan dipadu dengan hiburan berupa kontes daring sebagai pembuka yang akan dilaksanakan pada tanggal 12 Juli 2020. Acara utama dari SALTING adalah talkshow dengan cara khas anak muda yang akan diselenggarakan pada tanggal 1 Agustus 2020 pukul 13.00 – 17.00 WIB di Instagram @salting2k20.

“Dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan audiens dapat mengetahui tentang safety riding lebih lanjut dan sadar akan pentingnya keselamatan berkendara bagi pengendara itu sendiri dan pengguna jalan lain,“ ujar Aerika Sherena selaku Project Director SALTING.

Acara hiburan SALTING (Safety and Talking) dimulai dengan Tiktok Competition dari tanggal 12 Juli 2020. Kemudian dilanjutkan dengan Live Talking pada Sabtu, 1 Agustus 2020 pada pukul 13.00 -17.00 WIB yang membahas mengenai Tips and Trick serta informasi dalam mengendarai kendaraan bermotor bersama public figure dan stand- up comedian.

MARKETEERS X








To Top