Elon Musk Jual Lagi Saham Tesla, Buat Bayar Pembelian Twitter?

profile photo reporter Ranto Rajagukguk
RantoRajagukguk
09 November 2022
marketeers article
Elon Musk Jual Lagi Saham Tesla, Buat Bayar Pembelian Twitter? (FOTO: 123rf)

Elon Musk kembali melego kepemilikan sahamnya di Tesla. Jumlah saham yang dilepas tak main-main, yaitu mencapai 19,5 juta lembar saham atau bernilai sekitar US$ 3,95 miliar.

Musk telah mengajukannya secara langsung ke Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (AS). Musk belum memberi tanggapan atas keputusannya melego jutaan saham Tesla.

BACA JUGA: Resmi! Ini Harga Centang Biru Twitter Usai Dirombak Elon Musk

Namun, besar kemungkinan dana itu digunakan untuk kesepakatan US$ 44 miliar dalam membeli platform media sosial (medsos), Twitter yang berjalan sejak bulan lalu. Pada April lalu, Musk juga menjual sekitar 9,6 juta lembar saham Tesla yang setara dengan nilai US$ 8,5 miliar.

Kala itu, Musk melego sahamnya dengan harga US$ 885,42. Tak berlangsung lama, pemegang saham memutuskan melakukan stock split saham Tesla dengan rasio 1:3.

BACA JUGA: DOGE Naik 111% Imbas Elon Musk Jadi Pemilik Sah Twitter

Musk menjual sahamnya pada Selasa (8/11/2022) dengan harga rata-rata di level US 202,56 per lembar. Saat ini, saham Tesla ditransaksikan di level US$ 191,30 pada penutupan perdagangan.

Sebagai informasi, setelah membeli Twitter, Musk melakukan sejumlah perubahan di platform media sosial (medsos) itu. Salah satunya, penetapan harga verifikasi, alias centang biru. 

Tanda centang biru yang menjadi simbol verifikasi tersebut akan dikenakan biaya. Dalam pemberitaan sebelumnya, Elon Musk disebut akan mengenakan biaya sebesar US$ 19,99 atau hampir sekitar Rp 300.000 per bulan untuk menjadi akun terverifikasi

Biaya tersebut mencakup fitur-fitur lain yang tergabung dalam Twitter Blue. Namun, dalam percakapan Elon Musk dengan pengguna Twitter lain, CEO Tesla ini membeberkan harga baru yang akan dikenakan untuk harga verifikasi ini.

“Sistem Twitter saat ini untuk membedakan mereka dengan centang biru dan yang tidak memiliki centang biru adalah omong kosong. Kita akan kembalikan kekuatan untuk punya centang biru kepada pengguna. Harga centang biru Twitter US$ 8 per bulan,” katanya di dalam cuitannya dikutip Rabu (2/11/2022).

Meskipun dia baru tiga hari menjadi ‘Chief Twit’ Musk telah bergerak cepat untuk membuat perubahan di Twitter. Pertama, dengan mengubah beranda Twitter untuk pengguna yang log-out.

Related