Emas Masih Menjadi Investasi Favorit Gen Z, Mengapa?

profile photo reporter Dyandramitha Alessandrina
DyandramithaAlessandrina
05 Agustus 2022
marketeers article
Sumber: 123RF
Investasi kian hari makin digemari oleh masyarakat. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin meningkat memunculkan berbagai cara untuk berinvestasi menjadi semakin mudah. 
Terlebih, sudah lebih banyak jenis investasi yang bisa dipilih masyarakat, termasuk Gen Z yang sebagian sudah menjadi investor. Meskipun Gen Z sangat lekat dengan teknologi, pilihan pertama investasi mereka bukan produk digital, melainkan sama dengan generasi yang lebih senior, yakni emas. 
Hal ini tampak dari hasil survei yang dilakukan oleh Katadata Insight Center tahun 2021. Survei tersebut menyatakan emas menempati peringkat pertama sebagai pilihan utama Gen Z, yakni 46,5%. 
Peringkat kedua adalah reksa dana sebanyak 34,6%, lalu aset kripto sebanyak 26,2%. Yudi Hermansyah, Sales Senior Manager PT Antam Tbk UBPP Logam Mulia mengungkap alasan emas menjadi salah satu jenis investasi pilihan masyarakat adalah karena investasi emas relatif lebih rendah risiko. Selain itu, emas memiliki nilai aset yang cenderung stabil.
“Investasi emas ini cocok bagi pemula, terutama kalangan usia muda seperti Gen Z. Apalagi, generasi ini saat ini memiliki pemahaman yang lebih baik terkait investasi. Mereka juga sudah lebih melek investasi, khususnya emas dan membeli jenis tersebut,” kata Yudi.
Sebagai salah satu perusahaan yang menyediakan berbagai pilihan emas logam mulia, produk PT Antam Tbk UBPP Logam Mulia (Antam LM) telah menjadi alternatif pilihan investasi bagi masyarakat karena produk yang dijual bersifat umum. Harganya pun relatif terjangkau.
Yudi mengatakan Antam LM terus berinovasi dengan mengeluarkan produk-produk logam mulia baru sebagai pilihan masyarakat, termasuk Gen Z. Ada juga produk khusus yang dikemas menarik sesuai dengan momen tertentu. 
Inovasi tersebut juga dilakukan guna meningkatkan nilai tambah produk serta mendukung pencapaian penjualan emas.
“Kami pernah menghadirkan produk edisi Imlek Year of The Ox tahun 2021 dengan desain yang elegan dan cocok untuk dijadikan sebagai angpau atau bingkisan. Ada pula emas batangan edisi Idul Fitri yang selain bisa dimanfaatkan untuk hadiah, bisa juga untuk investasi ataupun koleksi,” ujar Yudi.
Yudi membeberkan, para konsumen Gen Z biasanya menginginkan produk yang lebih personalized kepada dirinya, keluarga atau komunitas mereka. Untuk menjawab hal tersebut, Antam LM juga menyediakan produk custom untuk emas batangan, perhiasan, maupun seri hadiah.
“Desain produk bisa disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Contohnya, untuk pelanggan dari komunitas tertentu yang ingin membuat kartu keanggotaan ataupun suvenir atas nama komunitas tersebut. Bisa juga membuat produk gift series dengan desain logo yang sesuai dengan karakter komunitas tersebut. Untuk Gen Z yang ingin memberikan hadiah kepada teman atau orang tersayang juga dapat juga membuat produk perhiasan, seperti cincin, bezel, dan lain sebagainya,” ucap Yudi.
Untuk memasarkan produk mereka ke Gen Z, Antam LM melakukan promosi penjualan menggunakan media sosial. Menurut Yudi, media sosial sangat erat dengan Gen Z sehingga, Antam LM berupaya untuk masuk di berbagai platform, mulai dari Instagram, Facebook, Twitter, hingga YouTube.
“Melalui media sosial, kami memberikan pemahaman dan edukasi terkait investasi dan produk kami dengan cara menarik, kreatif, dan inovatif. Kanal tersebut sangat mempermudah Antam LM dalam melakukan promosi, terutama untuk produk-produk. Kami mendapatkan respons positif mereka yang akhirnya meningkatkan penjualan produk emas batangan,” ujar Yudi.
Selain untuk memasarkan produk, Antam LM juga memanfaatkan media sosial untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan masyarakat. Yudi menyebutkan hal tersebut dilakukan untuk membangun brand awareness. 
“Kami berupaya tetap dekat dengan masyarakat dengan memberikan informasi seputar produk, harga, pelayanan, hingga pelaksanaan pameran. Inilah salah satu cara kami menjawab kebutuhan mereka sehingga mereka bisa mengetahui produk kami lebih baik,” kata Yudi.
Kunci kesuksesan penjualan produk Antam LM ini adalah dengan melakukan promosi menarik dan kreatif dalam penyampaian informasi ataupun jawaban atas kebutuhan serta keingintahuan masyarakat mengenai produk Antam LM. “Terlebih, produk kami sangat beragam dan disesuaikan dengan keinginan pasar dan yang memang menarik untuk mereka,” tutur Yudi.
Tulisan ini pernah dimuat di Majalah Marketeers Edisi Juni 2022. Selengkapnya bisa ditemukan di sini!
Editor: Ranto Rajagukguk

Related