Emirates dan Garuda Indonesia Perluas Rute Lewat Codeshare

profile photo reporter Medikantyo Adhikresna
MedikantyoAdhikresna
13 Maret 2022
marketeers article
Maskapai penerbangan Emirates dan Garuda Indonesia mencapai kata sepakat untuk perluas kerja sama rute penerbangan berbasis codeshare. Tercapainya kemitraan ini membuat pelanggan kedua maskapai penerbangan asal Uni Emirat Arab dan Indonesia itu menikmati konektivitas rute di Amerika, Timur Tengah, Afrika, dan Eropa.
Kemitraan perluasan rute penerbangan codeshare Emirates dan Garuda Indonesia juga dapat terlaksana, usai mendapat persetujuan regulator. Total penambahan konektivitas layanan penerbangan dengan sistem codeshare ini menyentuh 16 rute tujuan. Termasuk di antaranya sejumlah kota tujuan populer di kawasan Eropa. 
Garuda Indonesia akan menempatkan kodenya pada rute yang dioperasikan Emirates antara Jakarta dan Dubai. Begitu juga dengan penerbangan lanjutan menuju Paris, London Heathrow, Manchester, Milan, dan Barcelona dari hub Emirates.
“Memberikan aksesibilitas layanan penerbangan yang lebih tanpa hambatan ke lebih banyak destinasi adalah folus utama kami untuk memberikan nilai tambah kepada pelanggan. Kemitraan ini sejalan dengan komitmen Garuda Indonesia terhadap pemulihan ekonomi nasional dan menghubungkan Indonesia dengan dunia,” kata Irfan Setiaputra, Direktur Utama Garuda Indonesia.
Di sisi lain, Emirates berencana memasang kode pada penerbangan Garuda Indonesia di sepuluh rute melalui dua hub mereka di Jakarta dan Denpasar. Titik tujuan penerbangan domestik bagi pelanggan Emirates dari Jakarta adalah Denpasar, Surabaya, Makassar, Balikpapan, Manado, Medan, Padang, dan Solo. Adapun terdapat juga penerbangan menuju Makassar dan Surabaya dari hub di Denpasar.
“Sekarang adalah waktu yang tepat untuk memulai kerja sama kami karena wisatawan sudah mulai merencanakan perjalanan liburan seiring pemulihan industri perjalanan. Begitu juga pelaku bisnis yang mencari kenyamanan perjalanan yang mulus,” kata Chief Commercial Officer Emirates Adnan Kazim dalam keterangan resmi kepada awak media.
Sebagai lanjutan kerja sama codeshare, Garuda Indonesia dan Emirates menjajaki peluang kolaborasi dalam program frequent flyer masing-masing. Program ini memberi kesempatan setiap pelanggan kedua maskapai memperoleh dan menukarkan poin loyalitas dengan tiket, upgrade, dan manfaat ekslusif lain.
Emirates sendiri mempunyai perjanjian kerja sama codeshare dengan 23 mitra maskapai, termasuk Garuda Indonesia, dan dua perusahaan kereta api di seluruh dunia. Dari kemitraan tersebut, Emirates memiliki kesepakatan antar rute perjalanan dengan 115 maskapai dan perusahaan kereta api.
Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related