Consumer Goods

Empat Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Essential Oil

SUMBER: BONNELS

Minyak atsiri atau mungkin yang lebih dikenal dengan essential oil mulai banyak digunakan oleh masyarakat. Minyak yang berasal dari hasil penyulingan bagian tanamah seperti kelopak bunga, rumput, buah, akar, batang, hingga daun ini diketahui memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Maka tidak mengherankan jika penggunaan minyak ini banyak dilakukan terlebih lagi di situasi pandemi seperti saat ini. Tetapi tren essential oil ini kemudian bukan hanya meningkatkan peluang bagi para pelaku usaha. Nyatanya tidak sedikit yang menjual produk ini namun dengan kualitas yang kurang terjamin.

Harga murah dan pengaruh iklan biasanya menjadi faktor para pembeli kurang teliti. “Konsumen perlu lebih cermat dalam memilih dan membeli produk seperti essential oil. Karena, produk ini penggunaanya dapat dioleskan di kulit atau menggunakan alat diffuser,sehingga secara tidak langsung aromanya juga akan terhirup,” tutur Brand Manager Bonnels Cicilia Elisabeth.

Bonnels merupakan brand lokal yang menyediakan produk-produk alam. Salah satunya adalah essential oil. Cicilia mengingatkan bahwa sebelum membeli, sebaiknya konsumen mencari tahu kandungan, manfaat, hingga sertifikasi dari produk essential oil. Berikut empat hal yang perlu diperhatikan saat memilih produk essential oil.

Pilih produk berkualitas dan sesuai kebutuhan

Konsumen perlu semakin cermat memilih agar mendapatkan essential oil dengan kualitas bahan-bahan alami terbaik  dan bermanfaat untuk tubuh. Pelajari informasi tentang merek tersebut sebelum membeli dan pastikan mendapat kejelasan tentang informasi merek, terutama apakah merek tersebut mengeluarkan produk dengan bahan-bahan alami yang memberikan manfaat untuk tubuh atau hanya berupa minyak aromaterapi dari bahan sintetis.

Cek kandungan dari produk

Konsumen bisa mengecek komposisi kandungan tersebut pada informasi yang tertera di  kemasan produk atau botol produk. Apabila informasi komposisi ini tidak tersedia, tidak lengkap atau tidak detil tertera pada produk atau kemasannya, maka kemurnian kandungannya tidak dapat dipastikan dan ada kemungkinan produk sudah ada campuran bahan lainnya.

Perhatikan nomor BPOM

Pastikan produk essential oil yang dikeluarkan sudah  memiliki nomor izin edar dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Dengan memiliki sertifikasi tersebut , produk dan keterangan pada kemasan sudah melalui proses pemeriksaan sesuai aturan BPOM dan informasi yang disampaikan kepada konsumen melalui produk dan kemasannya tersebut dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan aturan yang berlaku di Indonesia.

Cek peringatan di kemasan

Peringatan ini dapat mengingatkan konsumen untuk lebih berhati-hati dalam memilih produk yang sesuai dengan kondisi kulit masing-masing. Dengan mencantumkan peringatan yang penting di kemasan, menandakan bahwa merek tersebut bertanggung jawab untuk memberikan informasi yang dibutuhkan konsumen dan turut menghindarkan konsumen dari risiko pemakaian yang salah.

Dengan lebih berhati-hati dalam memilih produk essential oil,  Anda  bisa mendapatkan manfaat essential oil dengan kualitas terbaik dari alam yang sangat baik untuk tubuh.

Most Popular








To Top