Lifestyle

Empat Hal yang Wajib Kamu Hindari Agar Kamu Siap Hadapi Resesi

Ilustrasi: 123RF

Kehadiran pandemi COVID-19 memberikan pengaruh yang signifikan terhadap ekonomi Indonesia. Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, produk domestik bruto (PDB) RI pada kuartal II-2020 minus hingga 5,32% (year-on-year/yoy). Jika terjadi resesi, banyak hal yang dikhawatirkan. Bisa jadi akan banyak pengangguran akibat para pelaku usaha yang tidak kuat membayar upah para pekerja. 

Untuk menghadapi masa sulit tersebut, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar kondisi keuangan kamu aman. Dan, empat poin di bawah ini harus kamu hindari, apa saja?

Tidak mempersiapkan dana darurat

Dana darurat membantu akan kamu untuk menutupi pengeluaran di masa-masa rentan, seperti jika kamu kehilangan pekerjaan. Banyak orang menyarankan untuk menyiapkan dana darurat sebesar tiga sampai enam kali gaji kamu. Dana ini digunakan untuk kehidupan sehari-hari dan membayar tagihan saat kamu tak ada pemasukan.

Tidak melunasi hutang

Banyak yang salah kaprah jika kamu masih memiliki utang, kamu mesti tetap berinvestasi. Namun, dengan adanya utang, akan sulit bagi kamu untuk menikmati hasil investasi kamu. Jika kamu mempunyai utang, prioritaskan pemasukan kamu untuk melunasinya terlebih dahulu, sebelum menyalurkan uang kamu ke instrumen investasi. Kamu juga perlu berhenti mengambil kredit agar beban utang kamu tidak bertambah.

Memprioritaskan pengeluaran konsumtif

Ada barang-barang diskon di online shop favorit kamu? Pikir-pikir dulu sebelum membelinya. Satu metode mudah untuk menahan diri dari pengeluaran konsumtif adalah dengan mengelompokkan pembelanjaan kamu ke dalam dua kategori, kebutuhan dan kemauan. 

Prioritaskan dulu pengeluaran kamu ke kategori kebutuhan yang meliputi biaya hidup, seperti makanan atau biaya kost, dan masukkan sisanya ke dalam instrumen investasi atau tabungan.

Tidak melindungi kesehatan diri dengan asuransi

Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Biaya kesehatan yang tinggi akan sangat memengaruhi kondisi keuangan kamu di saat kamu jatuh sakit. Cara menutupinya adalah dengan memiliki asuransi kesehatan, apalagi dengan adanya teknologi sekarang kamu tidak perlu bertemu agen lagi untuk mendaftar. 

Kamu bisa beli asuransi kesehatan di Qoala -misalnya. Di sini, kamu bisa membeli asuransi kesehatan dari beragam perusahaan asuransi terpercaya langsung dari aplikasi.

Tidak ada yang mengharapkan Indonesia jatuh ke dalam resesi, namun apapun yang akan terjadi nanti pada kuartal-III, setidaknya kita sudah mempersiapkan diri agar kondisi finansial kita tetap terjaga.

Most Popular








To Top