Opinion

Empat Tantangan Utama yang Dihadapi Pemimpin di Era Penuh Ketidakpastian

SUMBER: 123RF

Situasi belum bisa dikatakan membaik, namun hal tersebut tidak boleh menjadikan seluruh lapisan pesimistis. Para pemimpin sedang diuji kepemimpinannya di tengah situasi krisis ini. Karena, banyak hal berubah dan perlu diadaptasi.

Vistage, organisasi pelatihan para eksekutif, melakukan survei pada kuartal kedua tahun 2020. Pada survei bertajuk CEO Confidence Index 2020, Vistage menemukan bahwa terdapat empat tantangan utama yang dihadapi para pemimpin selama pandemi berlangsung. Dilansir dari Inc, berikut merupakan empat tantangan tersebut dan bagaimana pemimpin bisa menghadapinya.

1. Moral

Berusaha mempertahankan bahkan membangun moral di dalam perusahaan menjadi pekerjaan rumah bagi para pemimpin. Pasalnya, dalam enam bulan terakhir, ketidakpastian terus meningkat dan membuat banyak orang khawatir.

Burnout menjadi ancaman nyata bagi para pemimpin yang akan terus ditantang untuk memotivasi para pekerjanya yang masih berjuang di tengah tekanan untuk menunjukkan kinerja apik. Pemimpin juga harus memprioritaskan karyawan karena hal itu juga bisa membantu pemimpin terhindar dari kelelahan dan memperkuat perusahaan untuk terus lanjut di tengah ketidakpastian.

2. Tempat Kerja

Pandemi telah mengubah tempat kerja. Para pemimpin harus putar otak bagaimana bisa mengoperasikan kembali perusahaannya. Berbagai skenario perlu disiapkan.

Contohnya melakukan desain ulang untuk memastikan protokol kesehatan seperti menjaga jarak fisik antar karyawan bisa dilaksanakan. Karena, kesehatan dan keamanan menjadi hal yang paling diperhatikan.

Bahkan, jika pandemi ini berhasil dikendalikan, pemimpin harus siap dengan skenario bekerja jarak jauh. Pasalnya, bekerja dari rumah atau di luar kantor akan menjadi kebiasaan pascapandemi. Nantinya, tinggal bagaimana pemimpin menentukan model seperti apa yang terbaik untuk perusahaan.

 3. Pertumbuhan Perusahaan

Banyak perubahan terjadi begitu cepat sehingga adaptasi diperlukan, tantangan lain yang harus dihadapi pun berkaitan dengan pertumbuhan perusahaan. Dalam menghadapi hal ini, pemimpin dituntut memahami kondisi pasar, mulai dari perubahan kebutuhan, keinginan, dan perilaku konsumen.

Inovasi dan transformasi menjadi dua hal yang perlu dilakukan. Berdasarkan data Vistage, 48% perusaahaan yang menjadi anggota mereka telah menciptakan produk dan layanan baru sejak pandemi muncul. Sekitar setengah dari inovasi tersebut diperkirakan bisa digunakan secara permanen di masa mendatang.

4. Ketidakpastian

Hingga kini belum ada yang bisa memastikan kapan pandemi ini berakhir. Dari sektor kesehatan, vaksin dari COVID-19 ini masih terus berusaha untuk ditemukan.

Pemimpin harus jeli mengambil keputusan berdasarkan informasi yang berkembang. Mereka perlu mengandalkan insting mereka dikombinasikan dengan pengalaman, pengetahuan, serta apa yang telah dipelajari, dilihat, dan dipikirkan.

Put yourself in their shoes. Pemimpin harus bisa mempelajari perspektif lain bukan hanya tentang bagaimana dirinya memandang sesuatu, tetapi juga bagaimana orang lain melihat suatu isu. Itu adalah kunci untuk membuat keputusan terbaik.

Hal lain yang perlu diperhatikan dari pemimpin adalah menjadi lebih sabar. Karena, hasil dari apa yang mereka kerjakan saat ini tidak bisa langsung dirasakan. Dampaknya akan perlahan selama pemulihan. Yang perlu dilakukan adalah tidak berhenti dan terus maju.

Editor: Ramadhan Triwijanarko

MARKETEERS X








To Top