Automotive

Empat Tips Menjaga Resale Value Mobil Mitsubishi Agar Tetap Tinggi

resale value mobil Mitsubishi
Foto: MMKSI

Nilai jual kembali atau resale value sebuah mobil masih menjadi pertimbangan bagi masyarakat Indonesia dalam membeli sebuah mobil. Sejatinya, nilai jual sebuah mobil akan mengalami penurunan ketika mobil tersebut berstatus sebagai mobil bekas. Tidak sedikit pemilik kendaraan yang menjaga penurunan harga mobil mereka agar tetap menguntungkan ketika dijual kembali.

Biasanya penurunan harga jual kembali mobil bekas ditentutkan dari seberapa diminati mobil tersebut di pasar otomotif dan dilihat dari kondisi mobil itu sendiri. Mari ambil contoh Mitsubishi Xpander. MPV 7-seater ini memiliki depresiasi harga yang tidak terlalu signifikan. Hal ini dikarenakan banyaknya peminat Xpander dan juga kondisi mobil yang tergolong prima berkat perawatan yang dilakukan.

Lantas bagaimana caranya agar nilai jual Mitsubishi tetap tinggi? Berikut empat tips menjaga resale value mobil Mitsubishi agar tetap tinggi:

Menjaga mesin agar tetap prima

Mesin menjadi salah satu komponen utama yang diperhatikan oleh calon pembeli. Untuk merawat mesin agar tetap dalam kondisi prima, pemilik mobil cukup mengikuti arahan dari pabrikan terkait servis berkala yang harus dilakukan.

Namun untuk mobil yang jarang digunakan Deputy Group Head of After Sales Planning and Marketing Group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Ronald Reagan menjelaskan bahwa mobil setidaknya harus dipanaskan tiga hari sekali.

“Sebaiknya mobil itu dipanaskan tiga hari sekali, kalau tidak bisa seminggu sekali, kalau tidak bisa juga dua minggu sekali. Tapi jika sudah lebih dari satu bulan maka sebaiknya oli diperiksa, karena oli bisa mengendap dan bagian yang butuh pelumasan tidak mendapat pelumasan yang cukup,” ujar Ronald.

Sertifikasi kondisi mobil

Harga jual mobil bisa tinggi dan tetap stabil juga bisa disebabkan jika mobil tersebut memiliki sertifikasi dari pabrikan. Seperti yang dilakukan MMKSI yang bekerja sama dengan diler resmi Mitsubishi Motors Indonesia lewat layanan One Stop Service. Melalui layanan ini, pemilik mobil dapat memeriksa keadaan serta melakukan perbaikan pada mobil di diler resmi Mitsubishi Motors.

Dilansir dari laman resmi Mitsubishi Indonesia, proses pengecekan dan sertifikasi ini dilakukan dengan standar Mitsubishi dengan total 150 titik inspeksi yang dilakukan oleh inspector bersertifikasi dan berpengalaman.

Merawat eksterior mobil

Perawatan eksterior mobil juga tidak kalah pentingnya dengan dua poin di atas. Eksterior mobil adalah hal yang paling mudah dilihat oleh calon pembeli. Sebab itu, tampilan mobil harus dijaga sedemikian rupa agar terhindar dari penurunan harga yang disebabkan oleh banyaknya lecet pada mobil.

Selain itu, menghindari tabrakan juga sangat berpengaruh terhadap harga jual mobil. Pasalnya mobil yang memiliki riwayat pernah tabrakan sangat mungkin mengalami penurunan harga yang signifikan.

Kelengkapan surat-surat

Surat-surat kendaraan adalah salah satu hal penting yang harus ada di setiap kendaraan. Lewat surat-surat kendaraan seperti BPKB, STNK, dan pendukung seperti faktur akan menjamin legalitas mobil. Oleh karena itu, mobil bekas yang dijual dengan surat-surat lengkap harganya akan jauh lebih tinggi dibandingkan mobil yang tidak mempunyai surat-surat seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Itu tadi, empat tips yang bisa dilakukan untuk menjaga resale value mobil Mitsubishi. Tidak hanya untuk mobil Mitsubishi, tips ini juga bisa menjadi acuan untuk kendaraan merek lain.

MARKETEERS X








To Top