Enam Alat Bantu Olahraga agar Makin Semangat Bergerak di Rumah

profile photo reporter Ranto Rajagukguk
RantoRajagukguk
14 Juni 2022
marketeers article
Enam Alat Bantu Olahraga agar Makin Semangat Bergerak di Rumah. (FOTO: Ilustrasi/123rf)
Olahraga merupakan aktivitas yang memiliki banyak manfaat kesehatan jasmani maupun mental. Banyak ahli yang mengatakan olahraga mampu membuat kinerja jantung, otot, dan otak menjadi lebih baik. Tidak hanya itu, olahraga yang menghasilkan keringat juga memicu keluarnya hormon-hormon bahagia sehingga tidak heran kita akan merasa lebih tenang, senang, dan puas setelah berolahraga.
Membiasakan diri untuk bisa berolahraga secara rutin setiap harinya memang tidak mudah. Terutama bagi Anda yang tergolong mager (males gerak) dan tidak punya motivasi. Padahal motivasi untuk berumur panjang dan sehat merupakan motivasi terbaik yang bisa Anda pegang.
Cara paling mudah memaksa diri Anda agar mau bergerak dan berolahraga adalah memulainya dari hal-hal yang paling sederhana. Anda tidak perlu tiba-tiba memasang target untuk pergi ke gym selama satu jam sehari atau lebih. Anda boleh memilih untuk jogging santai atau jalan pagi di lingkungan rumah, mulai dari dua puluh menit dalam sehari untuk kemudian menambahkan waktu sedikit demi sedikit.
Anda bahkan bisa melakukan olahraga di rumah saja, sambil menonton YouTube atau bermain dengan anak-anak. Ada banyak YouTuber olahraga yang membagi beragam senam serta olahraga yang mereka lakukan setiap harinya, mulai dari lima menit hingga satu jam.
Anda boleh menambah beberapa alat bantu agar olahraga terasa lebih intens dan hasilnya lebih maksimal. Berikut beberapa alat bantu olahraga sederhana yang bisa Anda siapkan dan membuat Anda lebih bersemangat untuk bergerak:
Sepatu Olahraga
Tahukah Anda bahwa sepatu olahraga memiliki banyak jenis? Sepatu basket bisa jadi bentuk dan kenyamanannya berbeda dengan sepatu untuk jogging atau pun badminton. Setiap jenis sepatu sudah didesain sesuai dengan tujuan penggunaannya masing-masing.
Sepatu gym misalnya, didesain durable dengan foam atau sol yang empuk dan betul-betul nyaman di kaki. Bagian sol yang lunak dan lentur membantu menopang tubuh penggunanya dengan baik sehingga aman bergerak. Jika Anda hendak berolahraga di dalam ruangan atau sekadar mengangkat beban, sepatu ini adalah pilihan tepat!
Contoh lainnya adalah sepatu futsal. Anda yang hobi untuk bermain futsal pasti tahu untuk tidak sembarangan memilih sepatu. Ternyata, desain sepatu futsal merupakan kombinasi antara sepatu tenis dan sepakbola loh! Anda bisa menggunakannya di tempat licin tanpa perlu khawatir akan mudah tergelincir.
Masalah pemilihan sepatu meski terkesan sederhana, tetap terasa penting. Anda bisa memilih yang terbaik dan yang paling sering Anda gunakan.
Tali Skipping
Olahraga melompat bisa membuat heart rate Anda meningkat dan menghasilkan keringat banyak dalam waktu singkat. Lompat tali merupakan opsi olahraga yang mudah dan sangat murah meriah. Terutama jika Anda ingin membakar lemak tapi tidak suka berlari.
Mulailah dari hitungan yang ringan terlebih dahulu, seperti skipping selama tiga puluh detik tanpa berhenti sama sekali. Beri jeda sekitar 90 detik dan ulangi lagi selama 3-4 kali.
Matras Yoga
Olahraga di rumah terasa tidak lengkap tanpa matras yoga. Matras ini bisa membantu Anda dalam melakukan push up, sit up, dan olahraga lantai lainnya. Tubuh Anda tidak akan terasa sakit jika menggunakan matras Yoga sebagai alas.
Pilihlah matras yang bahannya terasa empuk ketika dipegang dan dirasa mampu menahan pijakan agar tetap mantap tanpa tergelincir. Saat ini, harga matras Yoga yang tersedia di pasaran sangat bervariasi. Anda bisa mengeceknya di Blibli dan memilih motif serta ukuran yang memang diinginkan.
Dumbell
Ingin olahraga terasa lebih intens dan lemak turun semakin cepat? Cobalah menambahkan dumbbell dalam setiap gerakan. Dumbbell sendiri dikenal sebagai alat-alat gym dalam versi mini. Ada banyak sekali ukuran dumbbell yang dijual di toko olahraga baik online maupun offline mulai dari satu kilogram hingga sepuluh kilogram.
Ada juga dumbbell yang bentuknya bongkar pasang. Anda cukup membeli satu namun bisa melepas dan memasangnya dengan bobot yang memang dibutuhkan untuk latihan. Dumbbell jenis ini lebih efisien dari segi penyimpanan dan pemakaian.
Beberapa olahraga yang bisa menambahkan dumbbell antara lain sit up, squat, dan lain-lain.
Slider Disc
Anda mungkin pernah melihat alat bantu olahraga berbentuk lingkaran dan pipih yang dipakai oleh para trainer gym di YouTube. Alat tersebut merupakan slider disc.
Alat ini memiliki fungsi untuk memudahkan Anda bergerak dalam melakukan kalistenik, lunges, atau mountain climber. Slide disc mampu mengurangi gesekan antara tubuh Anda dengan permukaan lantai. Anda tidak perlu mengangkat tangan kaki atau kaki yang menjadi tumpuan gerak.
Resistance Band
Ada beberapa orang yang memilih untuk latihan menggunakan resistance band dibanding dumbbell karena dua-duanya sama-sama melatih kekuatan otot. Hal ini mungkin dikarenakan resistance band terasa lebih elastis. Semakin tidak elastis, semakin besar effort yang harus Anda keluarkan agar gerakkan tetap sempurna dan ini tidak mudah.
Bentuk serta bahan resistance band bermacam-macam. Ada yang terbuat dari bahan karet dan hanya berbentuk seperti seutas tali. Namun, ada pula yang ujung-ujungnya berbentuk pegangan sehingga harus kita lingkarkan dan injak dulu di bagian bawahnya.
Memiliki alat bantu olahraga sebetulnya tidak wajib. Anda bisa menggunakan handuk atau botol air minum untuk menambahkan beban dan membuat olahraga terasa lebih kuat. Hal paling penting adalah Anda tetap memulai olahraga. Memiliki semua alat bantu tersebut namun Anda tidak berolahraga, tentu saja menjadi sia-sia.
Semua alat-alat tersebut bisa Anda dapatkan dengan mudah di Blibli, marketplace yang sudah dipercaya oleh masyarakat Indonesia.

Related