Lifestyle

Enam Tempat yang Bisa Dikunjungi Sembari Staycation

SUMBER: REDDOORZ

Pemerintah telah menetapkan bahwa cuti bersama di tahun 2021 akan lebih sedikit dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini menjadi satu dari berbagai upaya pemerintah untuk mencegah kenaikan angka kasus COVID-19. Singkatnya waktu liburan ini diharapkan mampu mengurangi keinginan masyarakat untuk bepergian atau berkumpul dengan orang banyak sehingga risiko penularan virus pun ikut menurun.

Namun, rasa jenuh selama setahun terakhir tentunya sulit untuk diabaikan. Bagi masyarakat yang mengalami kejenuhan tadi, staycation tampaknya bisa jadi opsi menarik.

Sembari melakukan staycation, tidak ada salahnya untuk mengunjungi tempat-tempat di sekitar Anda menginap, tentunya tetap dengan pertimbangan keamanan dan kenyamanan.Berikut sejumlah hidden gems yang tersebar di beberapa kota di Pulau Jawa sebagai inspirasi tempat yang bisa dikunjungi dari RedDoorz.

1. Taman Wisata Mangrove, Jakarta Utara

Sumber: Pexel.com

Di antara kepadatan dan kesibukan di Jakarta, ternyata masih ada tempat yang membuat warga Ibukota bisa merasakan kedekatan dengan alam. Terletak di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Taman Wisata Mangrove bisa jadi pilihan untuk berelaksasi dan melupakan pemandangan gedung-gedung tinggi untuk sejenak.

2. Pasir Putih, Jakarta Utara

Masih dari Jakarta Utara, satu-satunya pantai buatan di Jakarta ini banyak menarik minat pengunjung. Cukup dekat dengan Pantai Indah Kapuk, Pantai Pasir Putih memberikan banyak opsi kuliner. Sehingga, tidak hanya dapat menikmati wisata pemandangan pantainya saja, Anda bisa menikmati jajanan bahkan hingga malam hari.

3. Kampung Betawi, Setu Babakan, Jakarta Selatan

Sumber: iStockphoto.com

Keunikan satu cagar budaya ini sudah banyak dikenal oleh warga Jakarta. Kampung Betawi di Setu Babakan ini menjadi tempat rekreasi yang menyenangkan karena tidak hanya bisa melihat kekhasan dari rumah atau bangunan suku asli Jakarta ini. Pengunjung juga bisa menikmati berbagai kesenian, wisata air, hingga kuliner seperti kerak telor, laksa, dan taoge goreng.

4. Bukit Moko, Bandung

Sumber: Unsplash.com

Bagi warga Bandung dan sekitarnya, Bukit Moko bisa menjadi opsi yang menarik dengan daya tarik keindahan langit malamnya. Dari atas bukit yang terletak di Cimenyan ini, pengunjung bisa melihat keseluruhan kota dari atas. Selama perjalanan menuju atas, pengunjung juga bisa menikmati sejuknya udara dan bisa juga menginap karena tersedia area perkemahan.

5. Grojogan Lepo Dlingo, Yogyakarta

Sumber: iStockphoto.com

Bagi Anda yang sudah bosan dengan destinasi yang sudah banyak dikenali turis bisa melepas penat ke wisata alam air terjun yang terletak di Gunung Kidul ini. Grojogan Lepo Dlingo menawarkan kesegaran yang tidak bisa ditemukan di perkotaan. Ada kolam alam dengan air jernih yang bisa digunakan untuk berenang. Perjalanan menuju tempat ini pun hanya sekitar satu jam dari pusat kota.

6. Mangrove Gunung Anyar, Surabaya

Tidak perlu ke Jakarta, warga Surabaya dan sekitarnya juga bisa menikmati wisata hutan mangrove, tepatnya di Hutan Mangrove Gunung Anyar. Wisata ini menawarkan kesejukan dan keindahan alam yang dapat membantu Anda melepas penat. Istimewanya lagi, wisata ini gratis!

Beberapa tempat yang telah dijelaskan di atas dapat menjadi pilihan bagi Marketeers yang berada di Pulau Jawa atau yang berdomisili di dekat tempat-tempat tersebut. Anda bisa menenangkan pikiran dan beristirahat sejenak dari rutinitas yang melelahkan dengan staycation serta berjalan-jalan di sekitar penginapan Anda. Namun, tentunya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

Most Popular








To Top