Lifestyle & Entertainment

Endorsement Jadi Kunci Atlet Dunia Catat Rekor Pendapatan

SUMBER: UNIQLO

Tahun 2020 tampaknya menjadi tahun yang berat untuk semua orang, tidak terkecuali bagi para atlet. Mereka harus ikut merasakan pemotongan gaji. Salah satunya diakibatkan dari kosongnya bangku penonton saat pertandingan.

Terlepas dari situasi ini, sejumlah atlet dunia masih mampu mencatatkan rekor pendapatan. Forbes merangkum 10 besar atlet dari berbagai cabang olahraga yang mengantongi pendapatan tertinggi di dunia tahun 2021. Uniknya, beberapa dari mereka ternyata menerima pendapatan besar bukan dari lapangan tetapi justru endorsement.

Endorsement olahraga memang menjadi pasar yang besar. Hal tersebut terlihat dari banyaknya produk dan brand yang menggaet atlet untuk memasarkan produk mereka. Tidak hanya perusahaan yang diuntungkan tetapi atlet mendapat manfaat dari publisitas yang besar dan juga pendapatan tinggi.

Misalnya saja atlet MMA Conor McGregor yang mengantongi total pendapatan US$ 180 juta sepanjang tahun 2020. McGregor mendapatkan US$ 158 juta dari endorsement sedangkan dari lapangan, ia hanya mengumpulkan US$ 22 juta.

Bahkan, petenis Roger Federer meraih total pendapatan US$ 90 juta. Terlepas dari cedera yang dihadapinya, ia berhasil mengumpulkan pendapatan dari sponsorship brand seperti Rolex hingga Uniqlo.

Endorsement kepada para atlet ini menjadi hal yang biasa bagi banyak brand. Tapi, brand juga perlu memerhatikan kecocokan dan kemampuan dari atlet untuk merepresentasikan produk mereka.

MARKETEERS X








To Top