Government & Public Services

Entrepreneurial Campus Award 2021 Pacu Semangat CI-EL Dunia Kampus

Foto: Entrepreneurial Campus Award 2021 @Jakarta Marketing Week

Di balik kondisi yang menantang, akan ada peluang yang tersaji. Hal ini pun terjadi di dunia pendidikan Indonesia yang mengalami kondisi menantang akibat pandemi COVID-19. Lebih dari setahun pandemi yang melanda menuntut dunia pendidikan Tanah Air cepat beradaptasi. Di sisi lain, kondisi ini juga mengakselerasi berbagai perubahan dari para lembaga pendidikan, termasuk pemerintah.

“Keharusan untuk beradaptasi dan kreativitas menjadi kunci untuk beradaptasi. Dua kata kunci ini menjadi elemen fundamental dalam menghadapi masa kritis dan dunia baru di era revolusi industri keempat,” ujar Prof. Ir. Nizam, M.SC, PhD., IPM. Asean Eng., Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia pada ajang Jakarta Marketing Week 2021, Kamis (10/6/2021).

Dunia pendidikan tinggi yang menjadi wadah dalam menyiapkan sumber manusia unggul harus berani keluar dari zona nyaman. Kreativitas dunia pendidikan tinggi pun dituntut untuk menjawab berbagai tantangan tersebut.

“Untuk itu, kami membuka ruang kreativitas dan inovasi yang lebih luas bagi para mahasiswa melalui semangat Kampus Merdeka. Melalui Kampus Merdeka, mari kita merdekakan potensi para mahasiswa sehingga tercipta sumber manusia unggul, lulusan kreatif, inovatif, dan siap memasuki dunia profesi serta menciptakan peluang usaha dan dunia baru,” lanjut Nizam.

Di sisi lain, mindset dari para tenaga pendidik dan elemen di dalam dunia pendidikan harus berubah. Jika selama ini tenaga pendidik berfokus pada mengisi para pelajar dengan berbagai ilmu, kini para pelajar harus mampu mengisi diri mereka sendiri. Dengan pendekatan ini, para pelajar diharapkan dapat mengasah soft skill mereka. Hal ini diperlukan untuk menjawab tantangan dunia kerja.

“Pasalnya, di dunia kerja soft skill itu lebih dibutuhkan mereka. Kurikulum yang lebih banyak hard skill kami ubah ke soft skill, khususnya di program Merdeka Belajar,” ujar Wikan Sakarinto, Direktur Jendral Pendidikan Vokasi Kemendikbud.

Entrepreneurial Campus Award 2021

Berdasarkan pengalaman memperkenalkan BUMN Marketeers Award sebagai ajang memacu kreativitas dan inovasi di BUMN, MarkPlus, Inc. memperkenalkan Entrepreneurial Campus Award 2021 sebagai pemacu kreativitas, inovasi, entrepreneurship dan leadership di berbagai perguruan tinggi.

Ajang ini bertepatan dengan pembuatan buku Entrepreneurial Marketing yang akan terbit pada tahun 2022 -bersamaan saat Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan G-20. Ditulis oleh tiga Tri-Founder Philip Kotler Center for ASEAN Marketing (PK – CAM), Philip Kotler, Hermawan Kartajaya dan Hooi Den Huan serta Jacky Mussry yang mewakili International Council for Small Business (ICSB) Indonesia, konsep inti di buku tersebut menjadi acuan dalam Entrepreneurial Campus Award 2021.

Maksud penggunaan konsep tersebut juga untuk mendorong agar perguruan tinggi di Indonesia bisa membangun keunggulan berkelas dunia. Di sisi lain, Hermawan Kartajaya yang sekarang menjadi salah satu anggota Dewan Pendidikan Tinggi di bawah Kemendikbud setiap minggu aktif menggelar aktivitas yang khusus melibatkan perguruan tinggi melalui acara Marketeers Goes to Campus.

Melalui acara tersebut, Hermawan Kartajaya menjelaskan konsep Entrepreneurial Marketing dan perlunya perguruan tinggi di Indonesia menerapkan konsep tersebut di bidang masing-masing. Sehingga sejumlah perguruan tinggi telah mengenal konsep tersebut.

MarkPlus, Inc. pun mendapat dukungan dari Philip Kotler Center for ASEAN Marketing (PK – CAM) dan International Council for Small Business (ICSB) Indonesia dalam menyelenggarakan ajang penghargaan ini. Antusiasme tinggi juga muncul dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

MarkPlus yang telah membantu Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) dan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) membagi kepesertaan dalam kategori akademik dan vokasi untuk merebutkan predikat Gold, Silver dan Bronze dalam Entrepreneurial Campus Award 2021. Berikut, daftar penerima penghargaan Entrepreneurial Campus Award 2021:

MARKETEERS X








To Top