Technology

Facebook Kampanyekan Lingkungan Media Sosial yang Nyaman

Sumber: 123RF

Facebook dan Instagram kembali meluncurkan kampanye edukasi publik bertajuk #NyamandiSosmed. Kampanye ini menargetkan peningkatan pemahaman pengguna media sosial terhadap kuasa mereka dalam mengonsumsi konten digital.

Interaksi maya di Facebook dan Instagram kerap menjadi boomerang bagi penggunanya. Sering kali pengguna terpapar hoax, konten-konten yang tidak diinginkan, menjadi pelaku atau korban perundungan, dan lain sebagainya. Terkadang, efek-efek negatif dari media sosial terasa tidak bisa dikendalikan.

“Padahal, sebagai pengguna mereka punya kuasa penuh untuk mengatur ekosistem kanal komunikasi mayanya. Sayangnya, meskipun banyak yang menggunakan, sebagian besar pengguna media sosial justru tidak memahami hal ini. Di sinilah kampanye ini berperan,” kata Karissa Sjawaldy, Public Policy Facebook Indonesia.

Dalam kampanye ini, Facebook meggandeng kreator konten animasi Naufal Faridurrazak. Melalui karya animasinya berjudul Si Nopal, Naufal menghadirkan empat episode serial animasi Si Nopal lengkap dengan karakter lainnya, yaitu Cuty, Abah Enol, dan Bunda.

“Dalam serial ini, Si Nopal akan bercerita tentang cerita-cerita menyenangkan yang diambil dari berbagai pengalaman warga digital dalam menghadapi perputaran konten di media sosialnya. Nopal juga akan mengulas tips dan trik mudah mengidentifikasi berita palsu atau misinformasi hingga cara melindungi akun media sosial dari pembajakan,” jelas Naufal.

Karissa mengatakan strategi penggunaan serial animasi ini dilakukan untuk mempermudah penyampaian pesan edukasi. Pemilihan animasi Si Nopal juga berdasarkan tingkat keterhubungan antara konten, tokoh, dan penonton yang dapat semakin mempermudah penyampaian kampanye. Tidak hanya itu, Si Nopal juga sudah memiliki penggemar yang cukup banyak, sehingga memungkinkan kampanye #bisa tersebar lebih luas.

“Seri animasi #NyamandiSosmed akan tayang di halaman Facebook dan akun Instagram Si Nopal. Kami berharap masyarakat bisa lebih mudah mempelajari fungsi fitur keamanan dalam media sosial melalui cerita-cerita ringan ini sehingga ekosistem media sosial juga bisa menjadi lebih baik,” lanjur Karissa.

Selain Si Nopal, Facebook juga menggandeng animasi Dalang Pelo yang dikreasikan oleh Nur Alif Ramadhan. Dalam seri Dalang Pelo, Facebook memfokuskan pada edukasi bijak saat menggunakan media sosial. Uniknya kedua animasi Si Nopal dan Dalang Pelo juga akan ditayangkan dalam bentuk podcast di kanal Box2Box ID.

Editor: Ramadhan Triwijanarko

MARKETEERS X








To Top