Finance

Facebook Rebranding Platform Dompet Digital Libra Menjadi Novi

SUMBER: FACEBOOK

Facebook memperkenalkan nama baru untuk dompet digital mereka. Sebelumnya, Facebook telah memperkenalkan Calibra pada Juni 2019 dan baru-baru ini mereka resmi menggantinya menjadi Novi.

Pengumuman tersebut secara resmi diberikan oleh David Marcus selaku Head of Novi melalui blog resmi Facebook. Novi merupakan nama yang terinspirasi dari bahasa Latin yaitu novus dan via yang masing-masing memiliki arti baru dan cara (cara baru). Untuk mengembangkan dompet digital ini, Facebook menghadirkan anak perusahaan baru, Novi Financial.

Facebook berharap pengguna bisa memanfaatkan Novi untuk mengirimkan uang semudah mengirim pesan. Nantinya Novi dapat digunakan sebagai stand alone app dan digunakan melalui Facebook Messenger dan WhatsApp. Tidak akan ada biaya tambahan yang dibebankan kepada pengguna ketika menambah, mengirim, menerima atau mengambil uang secara instan.

Nama baru dompet digital ini merupakan perubahan terbaru dari Facebook dalam rencana pengembangan teknologi uang kripto. Sejak mengumumkan rencana untuk menghadirkan uang kripto sendiri, Facebook telah menghadapi berbagai tekanan terkait regulasi.

Tidak hanya menghadapi tekanan untuk regulasi, Facebook juga menghadapi gugatan karena kemiripan logo Calibra dengan Current, sebuah startup bank. Kedua logo tersebut didesain dengan jarak waktu tiga tahun. Current mengklaim mereka telah menggunakan logo itu sejak Agustus 2016. Sedangkan Calibra diperkenalkan dan digunakan oleh Facebook pada Juni tahun 2019.

Dilansir The Verge, gugatan ini akan melibatkan empat pihak. Pertama, Facebook sendiri, kemudian Calibra, anak perusahaan Facebook lainnya yang memiliki IP (Intellectual Property) terkait Calibra, serta Character (perusahaan yang mendesain logo Calibra). Penggugatan Character sendiri tampaknya dikarenakan agensi ini merupakan perusahaan yang juga mendesain logo Current.

Terlepas dari perubahan yang sudah ada, Facebook menegaskan Novi dan Libra akan memiliki misi yang sama yaitu mempermudah pengiriman uang. Meski sudah mengumumkan nama baru dompet digital untuk uang kriptonya, Facebook belum mengumumkan kapan Novi diluncurkan secara resmi. Versi awal Novi diperkirakan akan hadir jika jaringan Libra sudah tersedia.

Editor: Ramadhan Triwijanarko

MARKETEERS X








To Top