Federal Oil & Mobil™ Bidik Posisi Tiga Besar di Pasar Pelumas Tanah Air

profile photo reporter Muhammad Perkasa Al Hafiz
MuhammadPerkasa Al Hafiz
10 September 2020
marketeers article

PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI) memiliki ambisi besar di pasar pelumas nasional. Sejak mengakuisisi PT Federal Karyatama (PT FKT) pada tahun 2018, PT EMLI terus memperkuat eksistensinya melalui dua brand, yakni Federal Oil dan Mobil™. Brand management yang dilakukan oleh perusahaan pun diklaim sebagai pondasi yang kuat untuk merebut posisi tiga besar di pasar pelumas tanah air.

Brand Federal Oil telah eksis selama 32 tahun. Brand ini memiliki positioning yang kuat yakni sebagai spesialis dingin di segmen pelumas sepeda motor. Sementara, Mobil™ kami kerahkan di segmen komersial,” ujar Patrick Adhiatmadja, Head of Indonesia Lubricants Market Indonesia saat menggelar konferensi virtual.

Integrasi dari dua kekuatan yang dianggap unik ini menjadi modal EMLI untuk mendongkrak posisi mereka di pasar nasional dalam waktu singkat. Patrick mengibaratkan sebagai proses memasak, berbagai resep yang dibutuhkan EMLI sudah lengkap dan hanya menunggu proses masakannya matang.

“Selanjutnya, di atas pondasi ini, perusahaan memiliki sumber daya yang sedang digodok agar relevan dengan target konsumen mereka. Harapannya, daya saing Federal Oil dan Mobil™ semakin kuat dan semakin diterima oleh pasar,” tegas Pablo Conrad, Indonesia Marketing Director ExxonMobil Lubricants.

Pascaakuisisi, PT FKT fokus memproduksi pelumas-pelumas merek Mobil™ dan Federal Oil di pabrik berkapasitas 700 ribu barrels per tahun. Proses produksi pelumas yang memiliki kualitas berstandar internasional ini dilakukan di Kawasan Industri Cilegon, Banten.

Khusus produk pelumas merek Mobil™, saat ini masih dilakukan pemindahan produksi secara bertahap dari yang sebelumnya dilakukan di pabrik ExxonMobil yang berlokasi di Jurong, Singapura. Hal ini ditandai dengan seremoni penuangan pertama produk pelumas Mobil Super Moto™ pada Februari 2020 di Cilegon.

Sementara PT EMLI banyak bergerak di bisnis Business-to-Consumer (B2C) dan Business-to-Business (B2B) di Indonesia, tidak hanya konsumen roda dua dan roda empat, namun sektor industri, seperti transportasi, manufaktur, pertambangan, dan energi. PT EMLI juga telah menjangkau lebih dari 10 juta konsumen di Indonesia dengan merek Federal Oil.

Untuk kanal distribusi, perusahaan didukung oleh lebih dari 15 ribu bengkel independen. Kanal ini beroperasi di area-area potensial, seperti wilayah Jawa, Bali, dan Sumatera.

“Saat ini, kami juga menggelar beragam program inovatif. Kami memiliki layanan servis di rumah, program berhadiah, launching produk baru, edukasi, dan seminar mengenai teknologi pelumas melalui media-media digital. Tentu, seluruhnya dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat,” tutup Patrick.

Related