Digital

Festival Kreatif Lokal 2021 Akselerasikan Bisnis UKM di Destinasi Super Prioritas

Sumber: Festival Kreatif Lokal

Festival Kreatif Lokal 2021 yang dibuka pendaftarannya sejak 1 September lalu mendapat umpan balik yang sangat positif dari pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia. Berdasarkan keterangan resminya, terdapat 223 pelaku UKM dari kategori bidang fesyen, kuliner, dan kriya yang sudah ikut serta dalam program ini.

Program yang merupakan hasil kolaborasi antara Adira Finance dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia ini ditujukan bagi para pelaku UKM di lima Destinasi Super Prioritas (DPS) seperti Danau Toba, Sumatera Utara; Labuan Bajo, NTT; Borobudur, Jawa Tengah; Likupang, Sulawesi Utara, dan Mandalika, NTT.

“Adira Finance mengapresiasi semangat para peserta dari lima DSP Pariwisata Indonesia yang telah mendaftar dan akan berpartisipasi di rangkaian Festival Kreatif Lokal 2021. Melalui program ini, kami mencari local heroes yaitu para UKM lokal yang tak hanya mampu bertahan di masa pandemi, tetapi juga memiliki motivasi untuk dapat tumbuh lebih besar,” ujar Direktur SDM dan Marketing Adira Finance Swandajani Gunadi.

Dengan diselenggarakannya Festival Kreatif Lokal 2021 ini sekaligus menjadi wujud dukungan Adira terhadap kampanye nasional yang mereka gaungkan yaitu #BeliKreatifLokal dan Bangga Buatan Indonesia. 

“Diharapkan inisiatif dari Adira Finance dapat menjadi contoh yang baik dan menginspirasi private sector lainnya” ujar Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf RI, Yuana Rochma Astuti.

Melalui Festival ini, UKM yang mendaftar akan mengikuti seleksi hingga menghasilkan 50 UKM di setiap DSP. Setelah terseleksi, penyelenggara memberikan materi untuk meningkatkan soft skill melalui coaching camp oleh Prasetiya Mulya ELI. Tahap selanjutnya dari 50 peserta akan dipilih tiga UKM Local Hero dari masing-masing kategori dan akan kembali menjalani coaching camp oleh Prasetiya Mulya ELI dan Ecamp Indonesia. Di pengujung kegiatan, kesembilan UKM Local Hero akan dinilai oleh dewan juri.

Bagi UKM yang berhasil mendapatkan title Local Hero Terbaik akan mendapatkan penghargaan Kreatif Lokal Award 2021. Sedangkan bagi UKM local hero lainnya akan tetap mendapatkan hadiah uang tunai dengan total ratusan juta rupiah dalam bentuk modal usaha dan eksposur di media nasional cetak dan online.

Penghargaan bagi UKM Local Hero ini akan diberikan pada gelaran Gebyar Adira Kreasi yang akan berlangsung pada 13 November 2021.

“Festival Kreatif Lokal 2021 menjadi momentum akselerasi bagi pelaku UKM dalam meningkatkan kapasitas dan kapabilitas agar tumbuh dan berkembang. Diharapkan akan muncul ikon-ikon UKM ekonomi kreatif kompeten, yang pada akhirnya menjadi nilai tambah terhadap daya tarik wisata bagi wisatawan lokal maupun mancanegara,” tutup Swandajani.

MARKETEERS X








To Top