Final Premier League: Manchester City Amankan Trofi Keempat, MU Finish Terburuk

marketeers article
Manchester City Jadi Juara Liga Inggris 2023/2024. (Twitter/@ManCity)

Manchester City keluar sebagai juara Premier League musim 2023/2024 setelah mengalahkan West Ham United dengan skor 3-1 pada laga terakhir. Pertandingan tersebut berlangsung di Stadion Etihad, Minggu (19/5/2024) pukul 22.00 WIB.

Man City mengakhiri musim dengan total 91 poin, unggul dua poin dari Arsenal yang juga meraih kemenangan 2-1 atas Everton di laga terakhir Liga Inggris musim ini. Man City memulai pertandingan dengan gigih, mencetak gol cepat melalui tendangan keras Phil Foden pada menit ke-2 setelah menerima umpan dari Bernardo Silva. 

Gol ini penting karena Man City harus menang untuk mempertahankan gelar juara. Man City hampir menggandakan keunggulan pada menit ke-15 melalui tendangan Jeremy Doku yang masih bisa ditepis Alphonse Areola. 

Tiga menit kemudian, Foden kembali mencetak gol setelah menerima umpan dari Doku, membawa The Citizens unggul 2-0.

BACA JUGA: Tottenham vs Man City 0-2, Gelar Juara The Citizens Kian Dekat

Pada menit ke-30, Man City nyaris menambah gol lewat tendangan Erling Haaland yang masih bisa ditepis kiper. Pasukan Pep Guardiola terus menekan pertahanan West Ham.

Namun, West Ham memperkecil kedudukan melalui gol salto Mohammed Kudus pada menit ke-42, sehingga babak pertama berakhir dengan keunggulan tipis 2-1 untuk Man City.

Setelah turun minum, Man City mempertahankan intensitas permainannya. Kevin De Bruyne dan rekan-rekan terus menggempur pertahanan West Ham untuk memperlebar jarak keunggulan.

Hasilnya berbuah manis pada menit ke-59 ketika tendangan keras Rodri membawa Man City unggul 3-1. Man City terus melancarkan serangan, namun lini pertahanan West Ham berhasil menahan gempuran tersebut.

BACA JUGA: Man City vs Brentford 1-0, The Citizen Pepet Liverpool

West Ham terpaksa bermain bertahan dan mengandalkan serangan balik. Tim besutan David Moyes kesulitan keluar dari tekanan yang diberikan Man City.

Pada menit ke-87, West Ham sempat mencetak gol melalui Tomas Soucek, tetapi dianulir karena bola terlebih dahulu mengenai tangan Soucek. Pertandingan berakhir dengan kemenangan 3-1 untuk Man City.

Susunan Pemain Manchester City vs West Ham United

Manchester City (4-1-4-1)

Stefan Ortega; Kyle Walker, Ruben Dias, Manuel Akanji, Josko Gvardiol; Rodri; Jeremy Doku, Bernardo Silva, Kevin De Bruyne, Phil Foden; Erling Haaland. Pelatih: Pep Guardiola.

West Ham United (3-4-3)

Alphonse Areola; Kurt Zouma, Mavropanos, Aaron Cresswell; Vladimir Coufal, Ward-Prowse, Tomas Soucek, Emerson; Mohammed Kudus, Lucas Paqueta, Michail Antonio. Pelatih: David Moyes.

Editor: Ranto Rajagukguk

Related