Technology

Fitur Baru Google Berikan Informasi Terkait COVID-19

Wabah COVID-19 telah berdampak besar terhadap kesehatan, hidup, dan pekerjaan orang-orang, termasuk Indonesia. Kita terpaksa harus melakukan perubahan mendasar terhadap cara kita hidup dan bekerja. Dampak ekonomi pun juga dirasakan oleh seluruh dunia usaha.

Mengatasi krisis dalam skala sebesar ini diperlukan upaya yang berkelanjutan. Sebagai perusahaan teknologi, Google berkomitmen dalam memberikan informasi dan sarana yang diperlukan masyarakat dengan menambakan beberapa fitur.

Mempromosikan sumber informasi yang kredibel

Di saat seperti ini, mengakses informasi kesehatan secara daring banyak dilakukan oleh masyarakat. Karena itu, diperlukan informasi dari sumber yang dapat dipercaya dan kredibel.

Melalui laman Google Search dan Maps, masyarakat Indonesia dapat menemukan rumah sakit dan tempat tes rujukan terdekat yang sesuai dengan rekomendasi Kementerian Kesehatan RI dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPNB).

Dengan menelusuri “coronavirus tes dekat saya”, “tes virus corona dekat saya”, atau “tes COVID-19 dekat saya” di Google Search atau Maps, Google akan menunjukkan lokasi yang paling dekat. Rumah sakit dan tempat tes yang direkomendasikan oleh pemerintah akan ditandai dengan label “Pusat tes COVID-19” di bawah namanya.

Google juga mengaktifkan notifikasi pengingat bagi orang-orang untuk memverfikasi informasi dengan menghubungi hotline 119 sebelum mereka mendatangi tempat tes.

Selain itu, Google menyediakan berita terbaru dan link ke informasi resmi dari Kemenkes RI dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, di fitur Peringatan SOS di Google Search. Peringatan ini akan muncul untuk pencarian seputar COVID-19.

Dalam peringatan tersebut juga akan dimunculkan informasi seputar gejala dan pencegahan virus corona serta perawatannya dari organisasi kesehatan dunia WHO.

Di Google Assistant, pengguna dapat memilih lagu untuk menemani cuci tangan selama 40 detik dengan mengucapkan “lagu cuci tangan”. Serta adanya kampanye kesadaran kebersihan diri seperti “Lakukan 5 Hal”.

Informasi yang dapat dipercaya di YouTube

Informasi mengenai COVID-19 juga dapat ditemui di YouTube. Pada bagian beranda, penelusuran, dan sistem rekomendasi YouTube mengarahkan pengguna untuk mencari informasi dari sumber-sumber yang kredibel seperti akun WHO.

Selain itu, di video yang terkait dengan COVID-19, ditampilkan panel informasi yang tertaut ke sumber kredibel lokal yang relevan seperti Kemenkes RI. Serta, untuk membantu masyarakat mendapatkan informasi terbaru dari sumber yang kredibel, terdapat fitur Galeri “Berita COVID-19” di beranda YouTube.

Membantu orang-orang saling terhubung dan terhibur

Google ingin membantu para pengguna yang terpaksa harus menjalani isolasi dan swakarantina di rumah dengan menghadirkan kanal “Sama Saya” di rumah aja (#SamaSaya #DiRumahAja) di platform YouTube.

Inisiatif ini pun membuat popularitas konten partisipatif dan interaktif di YouTube melonjak. Data internal Google memperlihatkan rata-rata upload video harian global yang dalam judul terdapat frasa “At Home” naik lebih dari 50% pada periode 10-15 Maret dibandingkan dengan upload harian rata-rata.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X








To Top