Technology

Fitur Terbaru Ruangguru Dukung Pembelajaran Jarak Jauh

Menyambut tahun ajaran baru di tengah pandemi COVID-19, Ruangguru meluncurkan fitur terbaru mereka, yaitu Ruangkelas yang dapat diakses secara gratis oleh guru maupun murid untuk mendukung program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

“Sebagaimana kita ketahui, proses belajar mengajar jarak jauh masih akan terus diterapkan di tahun ajaran baru yang akan datang,” ujar Belva Devara, Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru.

Belva melanjutkan, hadirnya fitur Ruangkelas secara gratis diharapkan mempermudah guru dalam mengatur kegiatan belajar mengajar jarak jauh. Dan, siswa juga diharapkan dapat mengikuti rencana belajar dengan baik.

Fitur Ruangkelas dirancang seperti ruang belajar di sekolah. Guru dan murid pun dapat berdiskusi dan melakukan percakapan interaktif seperti pada ruang kelas pada umumnya. Murid juga dapat memanfaatkan fitur Ruangkelas untuk diskusi kelompok.

Ruangkelas juga menghadirkan berbagai fitur yang dapat mempermudah proses belajar-mengajar bagi guru maupun siswa. Fitur Classroom misalnya, dengan fitur ini guru dapat membuat kelas sesuai dengan kebutuhan seperti menentukan jangka waktu pengerjaan tugas dan materi belajar, mengundang siswa danguru lainnya, dan menggunakan fasilitas chat group untuk melancarkan komunikasi dalam kelas.

Selain itu, adapula fitur Tugas yang dapat digunakan untuk memberikan latihan soal berbentuk pilihan ganda maupun esai untuk siswa. Guru dapat menggunakan materi yang dibuat sendiri atau memanfaatkan materi dari bank soal dan latihan topik dalam fitur Ruangbelajar di aplikasi Ruangguru.

Dalam fitur Tugas, guru juga dapat menentukan batas waktu pengumpulan tugas untuk siswa serta mengklarifikasi pertanyaan-pertanyaan dari siswa terkait tugas tersebut melalui kolom komentar.

“Fitur-fitur yang disediakan sudah dirancang sesuai dengan konteks kebutuhan para guru dan murid di Indonesia, sehingga harapannya bisa jauh lebih mudah untuk digunakan, baik melalui perangkat komputer maupun ponsel,” tutur Iman Usman, Pendiri dan Direktur Produk & Kerja Sama Ruangguru.

Sementara itu, melalui fitur Materi Belajar, guru dapat memberikan siswa berbagai materi belajar yang dapat berupa video belajar dan rangkuman belajar.

Fitur Ruangkelas dapat diakses secara gratis jika sekolah telah mendaftar sebelumnya pada situr Ruangguru. Kemudian, guru dapat langsung menikmati fasilitas yang tersedia.

Editor: Ramadhan Triwijanarko

MARKETEERS X








To Top