Automotive

Fokus pada Digital Marketing, Penjualan MMKSI Terus Meningkat

Penjualan otomotif di semester dua tahun ini mulai menunjukkan tren positif. Menurut data Gabungan Industri Kendaraaan Bermotor Indonesia (Gaikindo) penjualan mobil secara wholesale pada enam bulan pertama tahun ini mencapai 393.469 unit. Angka ini naik 50,79%  dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang di angka 260.932 unit.

Meski demikian, adanya kebijakan PPKM membuat penjualan mobil sedikit terganggu pada awal semester dua. Ada penurunan permintaan di bulan Juli. Tapi, seiring PPKM mulai melonggar ada harapan penjualan mobil akan meningkat lagi.

“Kami optimistis tren positif di semester satu akan berlanjut di semester dua ini.  Memang, insentif PPnBM sudah berkurang. Tetapi, optimisme pasar sudah mulai terbentuk. Terlihat dari potensi demand untuk Xpander masih bagus. Selain itu, respons pada New Pajero Sport juga masih baik,” kata Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, hari ini (18/08/2021).

Ia menambahkan, penjualan Xpander Spesial Edition dan Rockford Fosgate sudah sesuai target. Saat peluncuran Juni lalu, MMKSI memasang target penjualan 4.000 unit hingga 4 bulan. Hingga Agustus, model tersebut sudah terserap sekitar 2.000 unit.

Secara keseluruhan, penjualan Mitsubishi pada periode Januari-Juli tahun ini mencapai 57 ribu unit. Angka ini tumbuh 3,6% dibanding periode yang sama tahun lalu yang mencapai 55 ribu unit.

Salah satu faktor pendukung penjualan tersebut adalah terus fokus pada strategi digital marketing. MMKSI melihat strategi digital ini untuk beradaptasi dengan perubahan tren pembelian konsumen. Saat ini, konsumen semakin nyaman melakukan pemilihan atau pembelian mobil secara virtul atau online.

“Ini yang jadi strategi utama kita untuk memperkuat penjulan. Kami akan terus memperkuat strategi digital marketing ini dan memberikan berbagai fleksibilitas untuk konsumen. Sehingga, lebih mudah mengakses semua kanal yang kami siapkan,” tambahnya.

Kinerja penjualan Mitsubishi di Indonesia terbilang sangat bagus. Bahkan, menjadi kontributor terbesar penjualan MMC secara global pada kuartal pertama tahun ini. Menyumbang 11,5% dari total penjualan MMC global pada periode tersebut.

MARKETEERS X








To Top