GAC Honda Mulai Bangun Pabrik Mobil Listrik, Siap Beroperasi 2024

profile photo reporter Medikantyo Adhikresna
MedikantyoAdhikresna
22 Juni 2022
marketeers article
Ilustrasi pabrik mobil listrik baru GAC Honda di Cina. (FOTO: Honda Global)
GAC Honda memulai pembangunan fasilitas pabrik baru untuk merakit mobil listrik di Guangzhou, Cina. Upaya ini dilakukan untuk memenuhi misi penambahan model baru. Khususnya dalam lini kendaraan elektrifikasi dari perusahaan gabungan Honda dan GAC. Hal ini dilakukan demi meraih pangsa pasar lebih besar untuk wilayah Cina di masa mendatang.
Lokasi fasilitas pabrik mobil listrik terbaru dari GAC Honda akan menempati wilayah seluas 40 hektar dalam kawasan Guangzhou Economic and Technological District. Pabrik ini disebut akan menggunakan pembangkit listrik tenaga sinar matahari sebagai sumber daya utama secara proaktif. Kebijakan itu diambil untuk mewujudkan gagasan keberlanjutan yang diusung oleh perusahaan.
“Selain itu, fasilitas ini akan mengadopsi berbagai teknologi terbaru untuk mendukung upaya produksi mobil listrik GAC Honda. Kami berupaya untuk menjadikan pabrik mobil listrik ini beroperasi secara efisien, didukung teknologi pintar, dan menghasilkan emisi karbon rendah,” bunyi pernyataan resmi perusahaan, seperti dilansir dari laman resmi Honda.
Untuk membangun pabrik kendaraan elektrifikasi baru ini, GAC Honda mencanangkan investasi sebesar 3,49 miliar yuan atau hampir setara Rp 7,73 triliun. Dalam pernyataan resminya, perusahaan menargetkan pabrik ini dapat mulai merakit mobil listrik untuk pasar Cina pada tahun 2024 mendatang. Kapasitas produksi fasilitas perakitan kendaraan elektrifikasi ini ditargetkan mencapai 120 ribu unit per tahun.
GAC Honda menggunakan pabrik mobil listrik baru mereka di Guangzhou ini, sebagai pusat operasi terkait kendaraan elektrifikasi di Cina nantinya. Saat ini, kapasitas produksi kendaraan keluaran GAC Honda di Cina, untuk berbagai jenis termasuk bermesin bensin (internal combustion engine/ICE), telah mencapai 770 ribu unit per tahun. Angka tersebut disumbang oleh pabrik di Huangpu, Zengcheng, dan fasilitas lain di Guangzhou.
Dalam rencana ekspansi elektrifikasi kendaraan untuk pasar Cina, Honda mempunyai rencana merilis 10 tipe dari lini model mobil listrik pada tahun 2027 mendatang. Selain berasal dari pabrik milik GAC Honda di Guangzhou ini, unit kendaraan elektrifikasi tersebut akan dibuat dalam fasilitas yang dioperasikan unit Dongfeng Honda. Pabrik tersebut juga direncanakan mulai beroperasi pada tahun 2024 mendatang.
Editor: Ranto Rajagukguk

Related