Finance

Gandeng BCA Digital dan Blibli, Cermati Fintech Group Luncurkan Layanan BaaS

Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi digital menjadi penting perannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain dapat memudahkan manusia untuk menjalani kehidupannya, teknologi digital juga menghemat biaya dan waktu. Di Indonesia, berbagai sektor telah bertransformasi ke ranah digital untuk bisa terus bertahan dan berkembang. Salah satu sektor yang terus berupaya mengembangkan teknologinya adalah sektor keuangan. Bermacam strategi dan inovasi dilakukan oleh para pemain di sektor ini untuk bisa berkembang dan mempercepat inklusi keuangan di Indonesia.

Menjawab hal tersebut, Cermati Fintech Group (CFG) sebagai salah satu perusahaan fintech di Indonesia meluncurkan penawaran produk platform teknologi Banking as a Service (BaaS) di Indonesia. Inovasi ini merupakan buah kerja sama CFG dengan BCA Digital dan e-commerce Blibli. Sistem ini memungkinkan BCA Digital dan Blibli untuk terhubung dengan sistem perbankan secara langsung melalui Application Programming Interface (API). Integrasi layanan perbankan dalam sebuah e-commerce ini merupakan yang pertama di Indonesia.

Dengan adanya sistem tersebut, pengguna Blibli dapat menikmati rangkaian lengkap layanan perbankan Blu BCA Digital. Pengguna bisa membuka rekening, transfer dana, pembayaran dalam aplikasi, dan lainnya hanya dengan menggunakan aplikasi Blibli, tanpa perlu mengunduh aplikasi lain.

Inovasi CFG BaaS ini merupakan strategi perusahaan untuk mengembangkan embedded finance di Indonesia. Perusahaan membangun layanan perbankan agar dapat tertanam dalam ekosistem aplikasi yang memungkinkan kemampuan aplikasi super melalui kemampuan Open API dan BaaS. Dengan adanya BaaS, dapat meningkatkan penggunaan tekfin, mengurangi user friction, dan meningkatkan loyalty pelanggan.

Andhy Koesnandar, CEO Cermati Fintech Group mengatakan bahwa sebelumnya, CFG telah bermitra dengan Blibli untuk meluncurkan Blibli Paylater. Dan sekarang, mereka akan bekerja sama kembali. Bersama dengan Blu BCA Digital untuk meluncurkan layanan perbankan digital blu di dalam ekosistem Blibli. Upaya ini dilakukan untuk melayani masyarakat dan mempercepat inklusi keuangan.

“Kami sangat bangga dapat bermitra dengan BCA Digital dan Blibli dalam meluncurkan layanan BaaS ini. Membangun teknologi platform untuk mengintegrasikan layanan perbankan digital dari BCA Digital merupakan wujud komitmen kami untuk terus memanfaatkan teknologi dalam meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia,” sahut Andhy.

Selain itu, Kusumo Martanto selaku CEO dan Co-Founder Blibli juga menegaskan bahwa Blibli terus berupaya untuk mengembangkan ekosistem e-commerce mereka dengan berbagai strategi, seperti menggandeng mitra dari berbagai industri, termasuk CFG dan BCA Digital. Dengan adanya layanan BaaS, Blibli dapat memperkuat tujuan perusahaan untuk untuk menjadi perusahaan e-commerce nomor satu, serta dapat melayani pelanggannya dengan baik dengan menyediakan platform modern yang digital-savvy.

“Dengan blu yang terintegrasi di platform Blibli, kami telah menjadi e-commerce pertama yang benar-benar terhubung secara menyeluruh dengan bank digital di Indonesia. Kami percaya, dengan sinergi juga inovasi, ekosistem digital khususnya inklusi keuangan dapat mencapai potensinya. Kolaborasi ini juga akan memperkuat strategi Blibli untuk memprioritaskan kepuasan pelanggan dan melayani generasi modern digital-savvy,” jelas Kusumo.

Terakhir, Iman Sentosa, Direktur IT & Operasional BCA Digital mengatakan bahwa seiring dengan perkembangan zaman, bank digital menjadi erat fungsinya dalam kehidupan sehari-hari masyarakat, terutama bagi generasi modern digital savvy. Maka dari itu, BCA Digital ingin ikut berpartisipasi dan menjadi pelopor untuk menghadirkan platform yang dapat melayani masyarakat next generation secara mudah.

“BCA Digital ingin punya andil untuk menghadirkan kemudahan dunia digital yang sesungguhnya. Adanya BaaS menjadi bagian dasar dalam mewujudkan ekosistem digital yang menghubungkan blu hingga dapat terkoneksi secara seamless dengan Blibli. Lewat kemitraan, BCA Digital berkomitmen untuk terus menjadi pelopor dalam pemanfaatan teknologi dan mengembangkan platform yang dapat memenuhi kebutuhan para digital savvy,” tutur Iman.

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

MARKETEERS X








To Top