Technology

Gandeng BTS, Samsung Kuasai Pasar Komunitas Fans K-Pop

Sumber: Samsung

Sukses dengan Samsung Galaxy A80 BlankPink Edition yang diluncurkan tahun lalu, Samsung kembali menjajal atensi komunitas sebagai specified market. Kali ini, Samsung mengawinkan seri smartphone lini premium terbarunya, Samsung S20+ dengan grup boyband asal Korea Selatan yang sedang menjadi fenomena, BTS.

Taufiq Furqan, Product Marketing Manager Samsung Mobile Samsung Electronics Indonesia mengakui bahwa pihaknya melihat potensi pasar yang besar di dalam komunitas fans K-Pop.

“Mereka punya keinginan untuk tampil beda, memiliki barang-barang yang secara eksklusif dapat dikoleksi, juga daya beli yang tinggi. Itulah yang kami tawarkan dalam Samsung Galaxy S20+ BTS Edition. Smartphone yang personalized sesuai idola mereka dan mampu memenuhi kebutuhan untuk menikmati sekaligus membuat konten sebagai penggemar,” jelas Taufiq.

Dilihat dari penampilan luar, Samsung Galaxy S20+ BTS Edition mengusung beberapa perbedaan. Pertama dari casing yang berwarna ungu metalik khas boyband BTS dan logo BTS yang tersemat di bagian bawah belakang. Ponsel ini secara khusus juga dilengkapi dengan heart deco camera di bagian belakang.

Untuk kualitas mesin smartphone, Taufiq mengatakan edisi khusus ini tidak memiliki perbedaan sama sekali dengan edisi regulernya. Hanya saja, Ia menjamin ada beberapa fitur yang hanya bisa digunakan dalam smartphone ini. Salah satunya tema khusus BTS dan sejumlah konten digital.

Berbeda dengan edisi BlackPink tahun lalu, Samsung hanya menghadirkan dua special edition item pada edisi ini. Yaitu smartphone dan Samsung Buds+. Hal ini diakui menjadi hasil evaluasi pada edisi sebelumnya di mana fans masih ragu jika harus membeli satu paket edisi. Padahal, belum tentu mereka memerlukan semua item yang ditawarkan.

“Makanya dalam edisi ini kami tidak bermain bundling, tapi item secara individual. Namun, jika ada yang membeli Sepaket Samsung Galaxy S20+ dan Buds+ edisi BTS, akan menerima potongan Rp 1,5 juta,” lanjut Taufiq.

Menyesuaikan dengan pasar fans K-Pop, Samsung secara unik menawarkan rangkaian collectible items seperti photocard dan stiker setiap pembelian produk edisi terbatas ini.

“Produk ini menarik dengan pangsa pasar yang sangat menjanjikan. Di Indonesia, penggemar BTS atau ARMY ada tiga juga orang dan termasuk sebagai yang terbesar di dunia. Kehadiran produk-produk yang mendukung identitas mereka sebagai fans tentu sangat diminati,” pungkas Taufiq.

Samsung Galaxy S20+ BTS Edition dipasarkan pada tanggal 9 Juli mendatang dengan harga Rp 17,5 juta, sementara Samsung Galaxy Buds+ BTS Edition seharga Rp 2,9 juta. Karena sifatnya yang terbatas, Taufiq menyatakan bahwa produk ini hanya tersedia di kanal penjualan online resmi milik Samsung dan tidak akan dilepas ke ritel offline.

Editor: Ramadhan Triwijanarko

MARKETEERS X








To Top