Gandeng Founder Institute, PermataBank Latih Startup soal Model Bisnis

profile photo reporter Bernadinus Pramudita
BernadinusPramudita
07 Juli 2022
marketeers article
Gandeng Founder Institute, PermataBank Latih Startup Soal Model Bisnis (FOTO:PermataBank)
PermataBank bersama dengan Founder Institute menyelenggarakan Program Founder Institute South East Asia (SEA) Virtual 2022. Program ini merupakan pelatihan intensif bagi perusahaan startup yang berlangsung selama 14 minggu dari tanggal 21 Februari 2022.
Pelatihan ini menggunakan kurikulum dari Silicon Valley yang mana peserta telah dipertemukan dengan para ahli di industri.  Ahli industri berasal dari bermacam bidang mulai dari inovasi digital dan teknologi, baik itu founder startup, profesional, maupun venture capital. Selain itu, pelatihan PermataBank dan Founder Institute juga untuk memberi masukan kepada startup terkait model bisnis yang mereka rancang.
Program Founder Institute 2022 diadakan secara virtual dan seluruh sesi live bisa diikuti dengan pembelajaran melalui jaringan online. Program ini juga diikuti pendiri startup dari Indonesia, Singapura, dan Malaysia. Sebagai puncak acara, Founder Institute SEA mengadakan kegiatan Demo Day pada tanggal 6 Juli 2022 yang mana peserta berkesempatan untuk bertemu dan berbincang dengan para investor, sehingga besar kemungkinan mereka mendapatkan pendanaan awal.
“PermataBank turut ambil bagian dalam proses pengembangan startup tersebut dengan turut memberikan pengetahuan mengenai produk perbankan dan finansial, serta hadiah berupa grant senilai Rp 400 Juta untuk lulusan terbaik yang diberikan untuk dapat menjadi modal pengembangan bisnis mereka,” ujar Djumariah Tenteram, Direktur Retail Banking PermataBank dalam keterangan tertulis perusahaan, Kamis (7/7/2022).
Selama 14 minggu para startup terpilih telah menerima bimbingan dari beberapa pendiri unicorn dan investor di Asia Tenggara seperti Aaron Tan (CEO Carro), Alan Wong (CTO Ula), Gaery Undarsa (CMO Tiket.com), Tessa Wijaya (COO Xendit), dan Khailee Ng (Managing Partner 500 Startups).
Indra Gunawan, Division Head of Digital Business PermataBank berharap, dengan adanya kolaborasi pelatihan ini, kerja sama yang terjalin selama program dapat terus berlanjut.
“Peserta yang terpilih sebagai pemenang di program Founder Institute SEA 2022 memiliki potensi untuk menjadi startup yang berkembang dan berhasil di masa depan. Kami berharap untuk terus dapat menjalin kerjasama dengan para founder startup dan expert di industri digital & teknologi, melalui berbagai produk yang dimiliki PermataBank yang dapat digunakan untuk kebutuhan perusahaan startup, seperti API Account Opening, API Transfer, API Virtual Account, hingga API Bill Payment, untuk memudahkan berkolaborasi dengan startup,” katanya.
Founder Institute adalah program akselerator startup yang telah hadir di lebih dari 200 kota enam benua. Program ini telah menghasilkan lebih dari 5.200 perusahaan startup yang telah mendapatkan pendanaan lebih dari US$ 1,5 miliar. Lulusan Founder Institute juga memiliki valuasi lebih dari US$ 30 miliar.
Editor: Ranto Rajagukguk

Related