Gandeng Kipin School, Kurikulum Cha-Ching Hadir Online

profile photo reporter Bianca Astira
BiancaAstira
04 Januari 2022
marketeers article
Ketidakpastian selama pandemi COVID-19 memberi pelajaran bagi seluruh masyarakat di Indonesia untuk mempersiapkan keuangan sejak awal. Melihat situasi tersebut, Prudential Indonesia merangkul Kipin School,  peyedia aplikasi belajar berbasis digital, untuk meningkatkan literasi keuangan anak melalui kurikulum Cha-Ching. Kerjasama ini dilandasi oleh Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2019. Survei ini menunjukkan indeks literasi keuangan di Indonesia sekitar 38,03% yang terbilang masih rendah.
“Prudential Indonesia berkomitmen membangun community investment guna meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia, termasuk anak-anak. Kolaborasi dengan pihak eksternal menjadi upaya penting untuk mewujudkannya. Salah satunya dengan Kipin School,” ujar Indrijati Rahayoe, Chief Human Resources and Community Investment Officer Prudential Indonesia.
Indrijati mengatakan melalui kurikulum Cha-Ching dan jangkauan digital Kipin School yang luas, Prudential Indonesia berharap makin banyak anak yang melek tentang pengelolaan keuangan dasar. Antusiasme anak-anak terbilang tinggi. Hal ini ditunjukkan oleh lebih dari tiga ribu anak sudah mendaftar program tersebut sejak November 2021. 
Kurikulum Cha-Ching merupakan program dari Prudence Foundation yang mengajarkan empat konsep dasar keuangan untuk anak usia 7 hingga 12 tahun. Empat konsep tersebut adalah memeroleh, menyimpan, membelanjakan, dan menyumbangkan. Kurikulum Cha-Ching  telah hadir sejak tahun 2017. Saat memasuki awal pandemi, kurikulum ini diterapkan dengan memanfaatkan kanal online. Menariknya, program ini telah diimplementasikan di 12 negara di Asia dan Afrika. Aksesnya pun mudah, yakni melalui aplikasi Kipin School 4.0 yang bisa diunduh di Google Play Store dan App Store.
Steffina Yuli selaku VP Business Development Kipin School mengatakan, kurikulum Cha-Ching pada Kipin School dikemas secara kreatif. Ini yang mampu menarik perhatian anak untuk belajar tentang keuangan. Misalnya, dengan kuis dan tantangan yang hadir setiap minggu. Di akhir sesi, Kipin School akan memberikan hadiah dan sertifikat sebagai apresiasi sekaligus bukti peserta telah menyelesaikan dan memahami materi kurikulum Cha-Ching.
Editor: Sigit Kurniawan

Related