Property

Gandeng Pinhome, SMF Salurkan Dana Kepemilikan Rumah

Harga properti terus meningkat dari tahun ke tahun. Di sisi lain, daya beli masyarakat tidak banyak berubah. Padahal, tempat tinggal menjadi kebutuhan pokok yang tidak bisa ditunda.

 Melihat kondisi teresebut PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF berkolaborasi dengan Pinhome memberikan akses pembiayaan untuk kepemilikan rumah. Sasarannya adalah  Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dan Berpenghasilan Tidak Tetap (non fixed income) melalui Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan skema sewa beli (rent to own).

SMF berperan sebagai penyedia dana yang disalurkan melalui lembaga keuangan. Penyalurannya menggunakan skema refinancing atas kredit sewa-beli yang telah disalurkan lembaga keuangan dan dengan agunan yang diikat fidusia.

“Program sinergi pemberian fasilitas pemilikan rumah ini merupakan bentuk nyata keberpihakan SMF kepada masyarakat Indonesia. Khususnya, masyarakat kecil di daerah yang membutuhkan dan belum terfasilitasi untuk dapat memperoleh haknya dalam mendapatkan hunian yang layak,” ungkap Heliantopo, Direktur Sekuritisasi dan Pembiayaan SMF.

Kerja sama ini nantinya akan merealisasikan Program KPR Sewa Beli dengan skema rent to own. Ini merupakan produk yang ditujukan untuk meningkatkan akses masyarakat berpenghasilan rendah non fixed income terhadap pemilikan rumah. KPR Sewa Beli menawarkan solusi pemilikan rumah yang dapat menjadi jembatan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. yang selama ini masih terkendala dalam memenuhi administrasi perbankan.

CEO-Founder Pinhome Dayu Dara Permata mengatakan kerja sama ini menjadi salah satu tonggak penting dalam sejarah ekosistem perumahan di Indonesia. Melalui kerjasama ini, Pinhome memberikan alternatif pembiayaan rumah bagi lebih dari 70 juta pekerja dengan pendapatan tidak tetap yang belum memiliki akses ke perbankan.

“Program #CicilDiPinhome ini memang ditujukan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan berpenghasilan tidak tetap (NFI). Sehingga,   dapat memiliki rumah dengan skema pembiayaan yang menarik,” tambahnya.

Berbagai kemudahan yang akan didapatkan melalui program #CicilDiPinhome ini, antara lain adalah uang muka atau DP yang terjangkau, cicilan perbulan seringan biaya sewa rumah, serta opsi kepemilikan rumah di akhir periode program. Sehingga, program ini dapat menjadi alternatif bagi peminat properti yang ingin memiliki rumah selain melalui KPR konvensional, serta diharapkan seluruh lapisan masyarakat terutama yang belum mempunyai akses ke perbankan bisa memiliki rumah hunian.

The Latest

To Top