Digital

GoFood Tekankan Pentingnya Kerahasiaan Data Pribadi

Kajian Peningkatan Kompetensi Keamanan Digital di Indonesia: Analisis Fenomena Penipuan dengan Teknik Rekayasa Sosial dari Center for Digital Society (CfDS) Universitas Gadjah Mada, mengungkapkan penipuan dengan teknik rekayasa sosial adalah jenis penipuan dengan metode memanipulasi psikologis pengguna platform teknologi dan bukan sebuah peretasan sistem.

“Penipu menyerang kelemahan psikologis pengguna sehingga membuat calon korban mengabaikan nalar logika. Misalnya, pengguna dibuat ketakutan maupun kegirangan. Sehingga diperlukan kesadaran dan radar kehati-hatian untuk lebih sensitif terhadap modus manipulasi psikologis,” jelas Adityo Hidayat, Peneliti CfDS.

GoFood sebagai bagian dari ekosistem Gojek menekankan pentingnya menjaga kerahasiaan data usaha dan data pribadi kepada mitra Usaha Kecil Menengah (UKM) kuliner melalui berbagai kanal seperti pada aplikasi dan situs resmi GoBiz, media sosial, dan Komunitas Partner GoFood (KOMPAG).

Bersama dengan CfDS, GoFood membagikan beberapa alasan mengapa para pelaku UKM perlu mengaktifkan radar kehati-hatian saat menggunakan platform digital.

Penyalahgunaan Kode OTP dan Nomor Kartu ATM

Kode OTP (one-time password) merupakan salah satu fitur pengaman data yang hanya dapat digunakan satu kali sebagai autentikasi ketika hendak masuk ke dalam akun platform digital. Karena itu, pelaku UKM harus berhati-hati apabila ada orang yang menanyakan kode OTP maupun nomor kartu ATM.

Akibat yang terjadi ketika seseorang memberikan kode OTP dan nomor kartu ATM ini kepada oknum penipu adalah kemungkinan ambil alih akun pribadi hingga penyalahgunaan akses ke sistem perbankan mitra usaha yang menyebabkan kerugian finansial.

Penipu Biasanya Ciptakan Suasana Mendesak dan Memaksa

Modus yang cukup sering digunakan penipu adalah dengan menciptakan situasi yang mendesak sehingga memaksa calon korban untuk membuat keputusan sesegera mungkin. Karena itu, ketika dihadapkan pada situasi tersebut sebaiknya mitra usaha tidak mudah panik dan bersikap tenang agar dapat mencerna informasi dengan jernih sehingga terhindar dari upaya manipulasi psikologis.

Modus Penipuan dengan Iming-iming Hadiah dan Bantuan Jasa

Iming-iming hadiah menjadi salah satu modus penipuan yang sering digunakan dalam manipulasi psikologis. Menyikapi hal ini, mitra UKM kuliner perlu waspada apabila ada tawaran bantuan pendaftaran menjadi mitra GoFood atau pencairan dana usaha yang prosesnya akan dilakukan secara manual.

Editor: Ramadhan Triwijanarko

MARKETEERS X








To Top