Technology

Gojek Luncurkan 12 Program untuk Jamin Kesejahteraan dan Keselamatan Mitra

Sumber: Gojek

Beragam inisiatif untuk menjamin kesejahteraan dan keselamatan mitra driver di tengah pandemi COVID-19 terus dilakukan oleh Gojek. Hal ini menyusul dengan kondisi mitra Gojek yang penghasilannya bergantung pada pendapatan harian. Di tengah pandemi yang mendorong masyarakat untuk tidak berkegiatan diluar rumah ini, banyak mitra Gojek yang mengalami ketidakpastian.

Diungkapkan Kevin Aluwi, Co-CEO Gojek, perusahaannya terus berupaya untuk menjaga hubungan baik dengan mitra. Mengingat mitra merupakan backbone dari bisnis ride-hailing.

“Sejak Gojek dibangun, kami sudah memberdayakan ribuan mitra driver untuk membuka peluang dalam memperoleh penghasilan. Pandemi yang tengah melanda dunia ini kami akui membuat mitra driver Gojek tidak dapat bekerja seperti biasanya, menyebabkan penghasilan mereka yang menurun drastis. Untuk itu, kami memprakarsai ragam program untuk memastikanagar mitra driver Gojek dapat survive di tengah kondisi ekonomi semi-pasif ini,” katanya.

Upaya untuk membantu mitranya untuk bertahan di tengan ketidakpastian kondisi ekonomi ini diwujudkan Gojek lewat peluncuran 12 program inisiatif. Ada tiga aspek yang diperhatikan oleh Gojek, yaitu menyediakan layanan kesehatan, ringankan beban biaya harian, dan bantuan pendapatan. Ke-12 inisiatif tersebut adalah:

1. Penyediaan perlengkapan kesehatan bagi mitra driver,

2. Jaminan asuransi kesehatan untuk mitra driver,

3. Edukasi kesehatan untuk mitra,

4. Program distribusi paket sembako,

5. Kolaborasi sembako dengan Alfamart,

6. Paket makanan hemat dan sehat untuk mitra driver,

7. Program sembako oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa,

8. Bantuan pembayaran pinjaman kendaraan,

9. Penambahan nominal dalam fitur tip,

10. Progran bantuan pendapatan untuk mitra driver yang positif COVID-19,

11. Bantuan pendapatan oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa, dan

12. Partisipasi dalam program bantuan pendapatan pemerintah.

“Seluruh inisiatif ini dirancang agar dapat mencakup area kritis yang paling berdampak pada mitra kami. Dengan adanya inisiatif ini, kami ingin menunjukkan bahwa Gojek peduli dengan keberlangsungan kesejahteraan mitranya,” kata Co-CEO Gojek Andre Soelistyo.

Ke depannya, bantuan mitra Gojek akan dikelola oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa di bawah manajemen Gojek. Yayasan ini berperan untuk mendistribusikan berbagai program tanggung jawab sosial baik untuk masyarakat maupun mitra Gojek.

Editor: Ramadhan Triwijanarko

MARKETEERS X








To Top