Technology

Gojek Terus Dukung Digitalisasi UKM

SUMBER: GOJEK

Go digital menjadi salah satu strategi ampuh yang diambil untuk menyelamatkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UKM), terutama di situasi saat ini. Namun, hingga kini masih banyak pelaku UKM yang belum menjalankan bisnisnya dengan memanfaatkan platform digital.

Menyadari pentingnya edukasi dan sosialisasi kepada para pelaku UKM, Gojek menghadirkan program Digital Talent Scholarship 2020. Program ini bertujuan mempercepat ribuan UKM untuk go digital.

Selama program ini berlangsung, Gojek tidak hanya melatih peserta mengenai pengetahuan bisnis online tetapi juga keterampilan untuk mengadopsi serta mengoptimalisasi teknologi untuk pengembangan usaha mereka. Pelatihan ini menggunakan sisten self-paced learning (belajar mandiri) serta live session untuk konsultasi dan mendapatkan solusi.

“Digitalisasi UMKM telah terbukti menjadi jawaban untuk akselerasi gerak roda perekonomian, terutama di tengah situasi pandemi seperti sekarang. Lewat program ini, kami bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika RI berkolaborasi untuk bisa menjangkau lebih banyak UKM yang bisa menikmati manfaat digital,” ungkap Shinto Nugroho selaku Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintahan Gojek.

Program ini menyasar lebih dari 2.000 UKM pemula dan terbuka untuk semua jenis UKM. Pelatihannya akan dimulai pada 2 November mendatang. Dan, nantinya seluruh peserta program akan mendapatkan sertifikat dari Kemkominfo sebagai tanda penyelesaian pelatihan dengan baik.

Menurut Kepala Badan Litbang SDM Kominfo RI Basuki Yusuf Iskandar, berbagai materi dalam pelatihan Gojek seperti kewirausahaan, cara menggunakan aset digital hingga edukasi protokol kebersihan untuk usaha kuliner menjadi jawaban atas kebutuhan pelaku UKM untuk dapat beradaptasi di ekosistem digital.

“Hal ini juga sejalan dengan prioritas pemerintah, khususnya Kemkominfo dalam mendukung pertumbuhan ekonomi digital Indonesia,” tutup Basuki.

Editor: Ramadhan Triwijanarko

MARKETEERS X








To Top