Technology

Google Jamin Keamanan Anak Dalam Berinternet

PHOTO CREDIT: 123RF

Google melalui program Tangkas Berinternet menghadirkan berbagai fitur yang dapat memberikan rasa aman dan nyaman saat anak menggunakan internet. Tangkas Berinternet adalah sebuah program literasi digital dan keamanan online untuk meningkatkan kemanan berinternet bagi anak-anak.

“Kami percaya anak-anak harus dapat terlindung agar dapat mengoptimalkan manfaat baik teknologi, sementara orang tua juga merasa percaya diri membiarkan mereka menjelajah online,” ujar Ryan Rahardjo, Head of Public Affairs Google Asia Tenggara.

Salah satu contoh aplikasi yang dikembangkan Google adalah Family Link yang diperuntukkan untuk membantu orang tua menciptakan kebiasaan sehat untuk anak dan dapat mengawasi anak saat menggunakan internet di sebagian besar perangkat Android atau Chromebook.

Melalui aplikasi ini pula, orang tua dapat menetapkan aturan dasar digital untuk keluarga, misalnya memantau waktu pemakaian perangkat, mengatur waktu tidur, atau menetapkan batas pengguna harian perangkat anak.

“Mewujudkan ruang aman, nyaman, dan ramah bagi anak untuk tumbuh dan berkembang adalah tugas kita semua. Perlindungan dan pemenuhan hak anak harus diwujudkan kapan saja dan di mana saja, tidak terkecuali di dalam berinternet,” ujar Bintang Puspayoga, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.

Fitur di Google seperti SafeSearch dan Mode Terbatas di YouTube juga dapat membantu menyaring konten tidak pantas dari hasil pencarian. Orang tua dapat mengaktifkan fitur ini untuk akun anak yang diawasi melalui aplikasi Family Link.

Orang tua juga dapat mencari konten berkualitas untuk anak-anak. Sebagai contoh, tab Keluarga (Family) di Google Play yang mengumpulkan aplikasi yang telah diberikan level rating konten aplikasi dan permainan. Atau fitur Kontrol Orang Tua (Parental Controls) yang dapat membatasi jenis konten yang dapat didownload atau dibeli dari Google Play berdasarkan tingkat kedewasaan.

Editor: Ramadhan Triwijanarko

Most Popular








To Top