Google Rencana Ubah Nama Bard Jadi Gemini, Ini Detailnya

marketeers article
Google Rencana Ubah Nama Bard Jadi Gemini, Ini Detilnya (FOTO: 123RF)

Google Bard akan mengalami perubahan besar dalam beberapa hari mendatang, seiring dengan rebranding sebagai Gemini pekan depan dengan aplikasi Android baru dan fitur lainnya. Dalam beberapa bulan terakhir, Google telah dengan cepat mengembangkan Bard, pengalaman obrolan AI generatif-nya, dengan fitur dan kemampuan baru.

Tahun lalu, Google memberikan peningkatan pada Bard dengan Gemini sebagai model di balik layar. Baru-baru ini, Google juga menambahkan pembuat gambar generatif pada Bard.

Changelog atau daftar pengubahan, yang saat ini tertera tanggal 7 Februari, secara langsung menyatakan bahwa “Bard sekarang menjadi Gemini,” dan juga memberikan beberapa wawasan mengenai alasan Google. Seperti yang diumumkan pekan ini, Gemini Pro sekarang menggerakkan Bard di semua negara dan bahasa di mana Bard tersedia. Merek baru ini lebih sesuai, kata Google.

BACA JUGA: AI Buatan Google yang Terbaru Disebut Lebih Canggih dari Bard

“Kami berkomitmen untuk memberikan akses langsung kepada semua orang ke Google AI, dan mulai minggu ini, setiap pengguna Gemini di negara dan bahasa yang didukung kami memiliki akses ke keluarga model AI terbaik Google. Untuk lebih mencerminkan komitmen ini, kami mengganti nama Bard menjadi Gemini,” kata Google dikutip dari 9to5Google, Minggu (4/2/2024).

Selain perubahan nama, Google juga mencatat dalam changelog bahwa akses ke “Gemini Advanced” juga akan tersedia mulai 7 Februari. Tingkat “Advanced” diumumkan pada Desember 2023 dan dibangun di atas “Gemini Ultra,” model paling mumpuni dari Google.

Changelog Google secara langsung menyebutkan bahwa ini adalah produk berbayar dan akan berkembang dengan lebih banyak fitur termasuk “kemampuan multi-modal yang diperluas,” dukungan pengkodean yang lebih baik, dan “kemampuan untuk mengunggah dan menganalisis lebih mendalam file, dokumen, data, dan lainnya.” Setelah di-rebranding dari Bard, Google Gemini juga akan mendapatkan aplikasi Android.

BACA JUGA: Google Rencana Integrasikan Bard ke Google Assistant, Ini Rinciannya

Changelog Google mencatat bahwa aplikasi ini hanya akan tersedia di “perangkat terpilih.” Ini juga akan berkembang ke “bahasa Jepang, Korea, dan Inggris secara global kecuali untuk Inggris, Swiss, negara-negara Wilayah Ekonomi Eropa, dan wilayah terkait,” dengan lebih banyak negara dan bahasa menyusul.

Akhirnya, Google Gemini juga akan berkembang ke Kanada pada 7 Februari. Bard tidak pernah diluncurkan di wilayah tersebut.

Editor: Ranto Rajagukguk

Related