Grab dan BRI Ventures Kembali Hadirkan GVV Batch 5

profile photo reporter Dyandramitha Alessandrina
DyandramithaAlessandrina
22 Juni 2022
marketeers article
Sumber: Grab
Grab bersama BRI Ventures mengumumkan peluncuran program akselerator Grab Ventures Velocity (GVV) Batch 5 x Sembrani Wira. Program tersebut merupakan program lanjutan Grab dan BRI dari 2021 untuk menghadirkan program akselerator gabungan dan berkolaborasi dengan Alpha JWC Ventures sebagai salah satu venture capital di Asia Tenggara.
Tahun ini, GVV Batch 5 X Sembrani Wira mengangkat tema “Preparing Indonesia’s Startups for Post-Pandemic Market”. Harapannya, program tersebut dapat membekali startup Indonesia dengan kemampuan dan keterampilan untuk menjadi lebih tangguh, sehingga dapat membangun bisnis yang berkelanjutan.
Pendaftaran program akan dibuka pada 21 Juni-22 Juli 2022. Startup yang terpilih akan mengikuti program insentif selama 12-16 minggu dengan workshop, mentorship, networking dengan venture capital, uji coba ide atau produk dalam ekosistem Grab (pilot), hingga kesempatan untuk melanjutkan kerja sama dengan Grab dan akses ke pendanaan.
Neneng Goenadi, Country Managing Director of Grab Indonesia menyampaikan, perusahaan percaya akan potensi dari startup Indonesia dan kemampuan mereka dalam menghadapi tantangan selama mendapatkan dukungan, kesempatan belajar dan akses untuk berkolaborasi. Inilah mengapa Grab bersama BRI Ventures menghadirkan program tersebut.
“Melalui program ini, kami tidak hanya memberikan sesi mentorship, workshop, ataupun akses ke pendanaan saja. kami juga memberikan kesempatan bagi para founder untuk menguji coba ide atau produk mereka dalam ekosistem Grab. Kami harap, para founder akan menjadi semakin tangguh dalam memimpin usaha dan membangun bisnis berkelanjutan dengan pondasi yang kuat,” kata Neneng.
Nicko Widjaja, CEO BRI Ventures menambahkan, pendekatan yang digunakan oleh venture capital untuk mengucurkan dana tentunya berubah seiring dengan perubahan ekspektasi pasar akibat pandemi COVID-19. Menurutnya, para founder perlu menyadari akan terjadi perubahan fundamental dalam menilai potensi startup.
“Program Grab Ventures Velocity Batch 5 X Sembrani Wira ini menjadi salah satu wadah yang tepat bagi startup lokal mempersiapkan bisnis mereka menuju sustainable business. Dukungan terhadap keberlangsungan ekosistem startup Indonesia merupakan bentuk komitmen BRI dalam mendukung perkembangan ekonomi digital Indonesia,” ujar Nicko.
Program GVV Batch 5 ini menargetkan startup di dua sektor, yakni SME Enablement dan Direct to Consumers. Pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UKM) merupakan salah satu fokus utama Grab, sehingga layanan yang dapat mendukung pemberdayaan mereka seperti Point of Sale, Customer Relationship Management, e-Commerce enablement, Software as a Service masih menjadi prioritas tahun ini.
Editor: Ranto Rajagukguk

Related