Grab dan JakLingko Bermitra, Komuter Jakarta Makin Mudah Bepergian

profile photo reporter Medikantyo Adhikresna
MedikantyoAdhikresna
30 Desember 2021
marketeers article
Grab dan JakLingko menjalin kemitraan strategis sebagai perwujudan layanan transportasi terpadu berbasis teknologi. Perjanjian kemitraan tersebut juga melibatkan PT Aino Indonesia dan PT Jatelindo Perkasa Abadi,
Keempat pihak tersebut menyatukan kekuatan perusahaan teknologi, konsorsium perusahaan swasta, serta pemerintah dalam mewujudkan transportasi pintar (Intelligent Transportation System) di Ibu Kota. Terwujudnya sistem tersebut menjamin kecepatan, kemudahan, keamanan, dan keandalan transportasi umum untuk warga Ibu Kota dan sekitarnya untuk bepergian sehari-hari.
“Melalui kemitraan strategis ini, Grab dipercaya menjadi aplikasi transportasi dan pengiriman online pertama yang terintegrasi ke JakLingko. Grab berkomitmen untuk menjadi mitra andal Jakarta dengan membuka akses ekosistem teknologi bagi pengguna aplikasi JakLingko. Sehingga, kami bisa turut menghadirkan sistem transportasi mumpuni di Jabodetabek,” kata Neneng Goenadi, Country Managing Director of Grab Indonesia saat penandatanganan kerja sama ini, Rabu (29/12/2021).
Lima fitur dan layanan yang terintegrasi dengan aplikasi JakLingko mencakup transportasi yang kini sudah berjalan, bersama dengan kesehatan, asuransi, voucher & rewards, hingga pemasaran digital secara bertahap. Integrasi layanan transportasi aplikasi Grab dan JakLingko nantinya memungkinkan pengguna dapat memesan GrabBike dan GrabCar sebagai moda transportasi first mile dan last mile ke sejumlah stasiun-stasiun.
Stasiun serta halte layanan transportasi terhubung itu termasuk MRT Jakarta, Kereta Commuter Indonesia, LRT, dan TransJakarta. Pengguna aplikasi JakLingko juga mengakses informasi rute, tarif perjalanan, maupun profil pengendara Grab yang menerima pesanan mereka.
Adanya kemitraan antara Grab dan JakLingko, pelanggan juga dapat mengaktifkan fitur voucher serta reward ketika memesan perjalanan dengan GrabBike dan GrabCar. Selain itu, pelanggan juga dapat membayar transaksi perjalanan mereka menggunakan OVO cash sesuai tarif yang tertera.
“Semakin membaiknya pandemi COVID-19 telah mendorong peningkatan aktivitas masyarakat di luar rumah, sehingga mendongkrak kebutuhan untuk layanan transportasi yang mumpuni. Hadirnya sistem transportasi yang saling terhubung dengan efisien akan memfasilitasi ramainya kegiatan ekonomi. Menjadi kunci percepatan pemulihan Indonesia,” ujar Direktur Utama PT JakLingko Indonesia, Muhamad Kamaludin.
Pengembangan kemitraan antara keempat pihak ini akan berlanjut menuju fase ketiga, yang diperkirakan meluncur pada kuartal ketiga 2022 nanti. Fokus dari kemitraan fase ketiga tersebut adalah pengembangan layanan transportasi terhubung serta inklusif untuk kalangan lanjut usia maupun penyandang disabilitas.
 
Editor: Eko Adiwaluyo

Related