Grab dan OVO Hadirkan Layanan Pembayaran Pajak Drive Thru di Solo

profile photo reporter Maida Beryl S
MaidaBeryl S
01 Juli 2022
marketeers article
Grab dan OVO meluncurkan layanan pembayaran pajak Drive Thru di Solo (Sumber: Grab Indonesia)
Sebagai upaya mendorong pertumbuhan ekonomi melalui elektronifikasi infrastruktur pembayaran, Grab menjalin kerja sama dengan OVO dan meluncurkan layanan Drive Thru Elektronifikasi Transaksi Pemda (ETP) di kota Solo. Kehadiran layanan Drive Thru ETP di Solo ini merupakan kelanjutan dari Program Akselerasi Transaksi Online Pemerintah (PATRIOT) yang telah diluncurkan pada akhir tahun 2021.
Kehadiran layanan ini akan mempermudah proses pembayaran kewajiban pajak dan biaya layanan publik seperti Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Perumda Air Minum (PDAM) menjadi lebih praktis dan hemat waktu. Inovasi ini pun sejalan dengan rencana pemerintah kota yang ingin terus mendorong peningkatan penerimaan daerah dari sektor pajak sekaligus mewujudkan kota Surakarta sebagai Smart City
“Grab dan OVO telah berkomitmen untuk mendorong akselerasi dan perluasan digitalisasi daerah melalui sejumlah elemen besar. Elemen tersebut, antara lain digitalisasi pasar untuk memudahkan pedagang dalam menjalankan usaha serta Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETP) untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD),” ujar President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata dalam keterangan tertulis Grab Indonesia.
Dalam keterangan yang sama, Presiden Direktur OVO Karaniya Dharmasaputra mengungkapkan, peluncuran layanan Drive Thru ETP ini menjadi bentuk dukungan OVO dan Grab terhadap upaya pemerintah dalam membangun ekosistem digital terintegrasi yang dapat memberikan manfaat kepada masyarakat.
“Masyarakat dapat membayar PBB, PKB, dan tagihan PDAM dengan waktu yang relatif lebih singkat melalui layanan Drive Thru ETP ini tanpa harus parkir. Masyarakat juga bisa mendapatkan bukti transfer fisik bahkan mencetak STNK secara langsung,” ungkap Karaniya.
Kehadiran layanan ini juga menjadi bentuk dukungan bagi Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) yang dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia. Layanan Drive Thrue ETP ini dapat mempermudah warga Surakarta melakukan transaksi perpajakan, terutama untuk notice pajak kendaraan bermotor dan keperluan bukti fisik pembayaran online PBB dan PDAM. 
Sinergi dari berbagai pihak menjadi hal penting untuk mendukung upaya digitalisasi proses dan infrastruktur penunjang ekonomi daerah demi mendorong percepatan pemulihan ekonomi yang berkesinambungan. Ke depannya, Grab dan OVO akan terus mengupayakan perluasan jangkauan lokasi dan penambahan layanan dari Drive Thru ETP.
Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related