Grab Indonesia Gelar Kampanye BERSATU Tangani Pandemi

profile photo reporter Bianca Astira
BiancaAstira
08 Agustus 2021
marketeers article
Hari besar sering dijadikan momentum untuk pemasaran musiman atau seasonal marketing. Demikian juga dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76.  Memanfaatkan momentum ini, Grab Indonesia menggelar kampanye BERSATU. Kampanye ini bertujuan menumbuhkan kembali semangat persatuan dan gotong-royong di masa pandemi COVID-19. 
Kampanye ini digelar Grab yang berkolaborasi dengan EMTEK, Accenture, Microsoft, Indosat Ooredoo, dan OVO dalam bentuk donasi senilai Rp 11 miliar. Donasi tersebut akan disalurkan kepada mitra pengemudi Grab, panti asuhan, pekerja lepas dari sektor UKM dan komunitas, relawan medis, relawan Palang Merah Indonesia (PMI), pengemudi ambulans, dan petugas pemakaman.
Selain itu, Grab juga menggandeng BenihBaik.com sebagai salah satu platform crowdfunding untuk menghadirkan program donasi dengan target Rp 1 miliar bagi seluruh pengguna aplikasi Grab. Program ini berlangsung pada periode 23 Juli hingga 31 Agustus 2021. Setiap pengguna yang menggunakan kode BERSATU pada layanan GrabBike, GrabCar, GrabExpress, GrabMart dan GrabFood sama artinya mendonasikan sebesar Rp 5 ribu tanpa dipungut biaya.
Donasi ini akan teralirkan untuk fasilitas kesehatan, tenaga medis dan masyarakat yang terpapar virus COVID-19 dengan menyalurkan obat-obatan untuk pemulihan beserta multivitamin. Khusus untuk anak-anak yang terpapar akan diberikan mainan edukasi. Dana juga akan didonasikan bagi pedagang asongan dan kaki lima yang terdampak pandemi. 
Menurut Ridzki Kramadibrata selaku President of Grab Indonesia, masih banyak masyarakat yang ingin berperan membantu sesama namun terhambat oleh keterbatasan. “Program ini merupakan upaya Grab bersama BenihBaik.com dalam mempermudah siapapun untuk berdonasi tepat sasaran, bahkan tanpa perlu mengeluarkan biaya,” tegas Ridzki seperti dikutip dari keterangan resminya, Senin (02/08/2021).
Banyak merek mendukung gerakan ini. Sebut saja SCTV, Indosiar, Vidio, Kopi Kenangan, HokBen, AQUA, Roma Malkist, Kopiko, Teh Pucuk Harum, Lifebuoy, Mangkokku, Bakmi GM, Ngikan, Ayam Keprabon, Martabak Pecenongan 78, Solaria, Indomaret, Bukalapak, dan Mustika Ratu (Herbamuno+).
Neneng Goenadi selaku Country Managing Director mengungkapkan bahwa saling menolong merupakan sifat dan karakter dasar bangsa Indonesia yang semakin kentara selama pandemi. “Dilatarbelakangi oleh kegigihan masyarakat yang luar biasa, Grab bersama 23 merek favorit Indonesia terpanggil berkontribusi  membantu negara menangani situasi saat ini,” tutup Neneng.
Editor: Sigit Kurniawan

Related