Technology

Grab Kembali Latih Mitra Agar Melek Literasi Digital

Sumber: Grab

Grab melalui GrabAcademy berusaha meningkatkan kemampuan literasi digital mitra pengemudinya. Menggandeng Microsoft, GrabAcademy menggelar program pelatihan untuk mengurangi kesenjangan keterampilan digital dan teknologi.

Diklaim oleh Grab, hingga bulan April 2020, pihaknya telah melatih lebih dari 379 ribu mitra pengemudi di seluruh Indonesia.

“Program ini menjadi bagian dari Misi GrabForGood agar teknologi membawa dampak positif. Kami berharap dengan adanya program pelatihan ini, mitra driver Grab dapat berkembang dan mempersiapkan dirinya menghadapi disrupsi di era industri 4.0,” kata Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia.

Dalam implementasinya program pelatihan ini dilakukan secara daring melalui fitur GrabAcademy yang dalam aplikasi mitra pengemudi. Program pelatihan ini dirancang oleh Microsoft dalam bentuk program sertifikasi literasi digital. Pelatihan mencakup berbagai topik, di antaranya ilmu komputer dasar, akses informasi online, menggunakan internet dengan aman dan bertanggung jawab, dan mengelola konten secara digital.

Haris Izmee, President Director of Microsoft Indonesia menjelaskan bahwa program pelatihan literasi digital dari Microsoft sebelumnya telah digunakan untuk melatih lebih dari 18 juta guru dan siswa mengenai ekonomi digital.

“Inisiatif bersama mitra pengemudi Grab ini menjadi cara Microsoft memperluas cakupan pelatihannya agar tidak berfokus pada sektor formal, tapi juga sektor informal,” katanya.

Di akhir pelatihan, mitra pengemudi akan mendapatkan setifikat online untuk menandakan bahwa mereka dinyatakan lulus dan telah memahami pengetahuan dasar yang diberikan dalam program latihan. Sertifikat ini, dikatakan oleh Neneng juga berfungsi untuk memperkenalkan skill baru yang dimiliki oleh mitra pengemudi Grab.

“Literasi digital adalah keterampilan yang bsia mendorong individu untuk terus belajar, mengubah, dan beradaptasi dengan kemajuan teknologi digital yang cepat. Kami pun mengundang lebih banyak mitra pengemudi untuk terus memanfaatkan pelatihan online GrabAcademy dan memeperkaya pengetahuan mereka,” tutup Neneng.

Editor: Ramadhan Triwijanarko

MARKETEERS X








To Top