Gresini Racing, Federal Oil, dan Brand Indonesia Pertama di MotoGP

profile photo reporter Muhammad Perkasa Al Hafiz
MuhammadPerkasa Al Hafiz
18 Januari 2022
marketeers article

Kolaborasi satu dekade antara Federal Oil™ dengan Gresini Racing pada musim balap Moto2 ditutup dengan torehan podium dan kemenangan yang dipersembahkan oleh Fabio Di Giannantonio. Kini, Federal Oil™ resmi melanjutkan kiprahnya bersama Tim Gresini Racing ke kelas tertinggi MotoGP. Federal Oil pun menjadi brand Indonesia pertama yang mensponsori tim balap di kelas MotoGP. 

Di kelas MotoGP musim balap 2022, Gresini Racing MotoGP akan didukung oleh dua pembalap yang telah terbukti cemerlang di musim balap tahun lalu, yaitu Enea Bastianini  & Fabio Di Giannantonio. 

Peluncuran tim Gresini Racing MotoGP 2022 disiarkan langsung dari Italia dan secara daring melalui akun Instagram dan Youtube Federal Oil beberapa waktu lalu.

Pada acara peluncuran tim Gresini MotoGP, Gresini Racing memperkenalkan para tim di balik Gresini Racing, pembalap, livery motor Ducati dan nomor dari masing-masing pembalap. Enea Bastianini dengan nomor 23 dan Fabio Di Giannantonio memperoleh nomor 49 untuk masing-masing motor Ducati Desmosedici miliknya. 

“Musim balap 2022 akan menjadi momen special bagi Federal Oil™. Kami menjadi brand pertama dari Indonesia yang mensponsori tim balap di kelas MotoGP,” ujar Patrick Adhiatmadja, Executive Chairman PT Federal Karyatama dan PT ExxonMobil Lubricants Indonesia.

Optimisme juga disampaikan oleh Patrick. Melihat track record yang ada, ia sangat optimistis terhadap performa Diggia dan Bastianini. Ditambah, dukungan dari motor Ducati yang teruji kualitasnya. 

“Kami terus mendukung dan berharap agar tim bisa berkinerja maksimal musim ini. Kami tidak sabar melihat aksi di sirkuit Mandalika nanti, saya berharap ada kejutan manis untuk para fans MotoGP di Indonesia dan Federal Oil™,” lanjut Patrick. 

Marketing Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia Pablo Conrad juga menunjukkan optimisme yang sama. Di sisi lain, perusahaan juga telah menyiapkan berbagai aktivasi bagi seluruh konsumen Federal Oil™ dan penggemar MotoGP di Indonesia.

“Kami sangat yakin, tahun ini akan menjadi tahun yang hebat dan bisa membuat bangga seluruh masyarakat Indonesia,” ungkap Pablo.

Kemitraan baru di kelas MotoGP ini tentunya menghasilkan euforia tersendiri karena Indonesia merupakan basis terbesar penggemar MotoGP di dunia. Apalagi, momen ini juga bertepatan dengan mulai beroperasinya sirkuit Mandalika yang menandai Indonesia juga mulai menjadi negara yang akan disorot dunia Internasional. 

Tak heran, semua orang sangat bersemangat dan optimistis dapat mendulang kesuksesan di masing-masing perspektif. Mulai dari performa pembalap, branding, hingga keberlangsungan bisnis kedua pihak. 

Optimisme ini tak lepas dari semangat yang ditunjukkan oleh Nadia Gresini, Gresini Racing team Owner & Principle. Nadia mengungkapkan antusiasmenya atas tim Balap Gresini di kelas MotoGP ini, 

“Kami akhirnya mempresentasikan proyek yang sangat kami yakini dan telah kami kerjakan tanpa henti selama setahun terakhir. Kami sangat termotivasi dan akhirnya kami menjadi tim MotoGP pertama yang tampil,” ujarnya. 

Nadia mengungkapkan juga hubungan erat antaranggota tim di kuburan Gresini Racing. Tim ini dibangun di atas semangat kekeluargaan yang erat layaknya saudara kandung. 

“Saya harus mengatakan bahwa saya melihat Diggia dan Enea dalam kondisi yang sangat baik dan bersemangat untuk memulai kompetisi. Kami akan menjadi salah satu protagonis dan kadang-kadang muncul di parc fermé,” imbuh Nadia. 

Related