GudangAda Gandeng Pemkot Tangsel dan Kitabisa Salurkan Modal UKM

profile photo reporter Medikantyo Adhikresna
MedikantyoAdhikresna
30 April 2022
marketeers article
GudangAda menggandeng Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan dan platform Kitabisa untuk menyalurkan bantuan modal bagi pelaku usaha kecil menengah (UKM). Kerja sama ini menjadi salah satu langkah awal dari gerakan 1 Juta Warung Melek Digital di seluruh Indonesia. Sebagai tahapan pembuka, inisiatif tersebut akan menjangkau pedagang serta pemilik warung kecil di Tangerang Selatan.
Catatan dari Kementerian Koperasi dan UKM menyebut sebanyak 22 % dari 37 ribu pemilik usaha di seluruh Indonesia, mengalami kesulitan terkait modal selama masa pandemi. Melihat data tersebut, GudangAda bersama Kitabisa akan memulai gerakan dengan menyasar pelaku UKM Kota Tangerang Selatan yang diperkirakan mencapai sekitar 90 ribu unit pada pengujung tahun 2021.
Program pemberdayaan UKM dari Gudang Ada melalui penyaluran modal ini akan berlangsung selepas libur lebaran atau Idulfitri mendatang. Perusahaan e-commerce marketplace B2B tersebut ingin menjalankan misi pengembangan sektor UKM melalui bantuan permodalan dengan efektif. Termasuk dengan sinergi bersama platform penggalangan dana atau crowdfunding seperti Kitabisa.
“Dengan berpartisipasi dalam program GEBRAKAN (Gerakan Brand untuk Kebaikan) dari KitaBisa, #brandbaik GudangAda akan menyalurkan donasi sebesar Rp 200 juta untuk membantu UKM yang terdampak pandemi,” kata Chief Commercial Officer GudangAda Budianto Hariadi, dalam keterangan resminya.
Selain menginisiasi program penyaluran modal, GudangAda bersama pihak terkait juga mendorong transformasi digital oleh para pelaku UKM di Tangerang Selatan. Harapannya, adaptasi para pemilik usaha kecil terhadap pemanfaatan teknologi informasi dapat membantu mereka mengembangkan usaha. Seperti mendorong pertumbuhan pasar dengan memasarkan produk di platform e-commerce.
“Pelaku UKM harus kreatif, inovatif, dan adaptif terhadap kondisi pasar. Kehadiran GudangAda yang merupakan perusahaan ecommerce marketplace B2B akan mengakselerasi transformasi UKM Tangerang Selatan agar go digital sehingga terbentuk komunitas Warung Melek Digital di kawasan ini,” ujar Kepala Dinas Koperasi dan UKM Tangerang Selatan Warman Syanudin menambahkan.
Berkat dukungan dari GudangAda dari segi permodalan, Warman meyakini pelaku UKM di Tangerang Selatan akan kembali bangkit secara bertahap. Hal tersebut juga akan berjalan beriringan dengan peralihan operasional pelaku UKM dari cara konvensional ke arah digital.
Editor: Sigit Kurniawan

Related