Automotive

Hadapi 2021, Harmonisasikan Lima Kutub Kompas Strategic Marketing

Masa pandemi menjadi momentum yang paling pas untuk mengasah jiwa entrepreneurial marketing kita. Tidak hanya bekerja secara profesional, namun juga berani mengambil risiko di masa sulit.

“Ada lima magic word yang perlu diperhatikan di sini, yaitu Digital, Human, Local, Global, dan Balance,” kata Hermawan Kartajaya, Founder & Chairman MarkPlus, Inc dalam 15th MarkPlus Conference 2021.

Digitalisasi akan terus mendorong banyak perusahaan untuk terus bertransformasi di masa mendatang. Walaupun pandemi sudah terlewati di suatu saat nanti. Terutama dalam industri kesehatan, dimana banyak pemberi layanan dan pasien yang semakin terbiasa menggunakan proses digital. “Rumah sakit di beberapa negara telah menggunakan Robot AI untuk mendukung pekerja di sektor kesehatan dan hospitality,” kata Hermawan.

Compass of Strategic Marketing (5.0)

Di sisi lain, Jepang pun sudah menyadari bahwa kita tidak dapat hanya memacu kemajuan teknologi saja. Tapi harus ditujukan untuk memberdayakan manusia lebih jauh lagi. Konsep ini mereka namakan sebagai Society 5.0 karena tujuannya memang untuk membangun ekosistem manusia yang dapat bersinergi dengan teknologi. “Kuncinya adalah keseimbangan di antara kutub-kutub yang ada. Tidak hanya mengembangkan teknologi, tapi diiringi juga dengan dampaknya kepada manusia,” kata Hermawan.

MARKETEERS X








To Top