Opinion

Hal Krusial yang Perlu Diperhatikan dalam Transformasi Digital

Ilustrasi: 123RF

Penerapan solusi industri untuk mendorong transformasi digital di Indonesia belakangan menjadi topik hangat di masyarakat. Merujuk data dari We Are Social Indonesia 2021, sebanyak 174,5 juta penduduk Indonesia telah melek internet. Di antara jumlah tersebut, terdapat 160 juta menggunakan media sosial. Berbeda dengan zaman analog, kini dengan adanya teknologi internet semua menjadi lebih mudah dan cepat.

Optimalisasi digital di Tanah Air juga diharapkan berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi sekaligus memutus mata rantai penyebaran COVID-19 yang sampai sekarang belum kunjung usai. Tapi dengan berlangsungnya pandemi yang sudah hampir memasuki tahun kedua ini, geliat kemajuan digital di Indonesia juga semakin tampak.

Geliat ini juga dapat dijadikan upaya untuk mensukseskan wacana dari Pemerintah Indonesia yang tengah berupaya melakukan akselerasi transformasi digital dengan menyiapkan Roadmap Digital Indonesia 2021-2024. Peta jalan tersebut mencakup empat sektor strategis, yaitu infrastruktur, pemerintahan, ekonomi, dan masyarakat digital.

Namun untuk menuju tercapainya transformasi digital, ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan. Menurut ADA Indonesia ada 3 aspek yang perlu diperhatikan dan bersifak krusial dalam upaya transformasi digital yang tengah diupayakan oleh pemerintah.

Pertama, Understand the Business Impact That You Expect. Inovasi di bidang teknologi akan selalu berkembang, pelaku bisnis dituntut untuk selalu cepat beradaptasi dengan teknologi-teknologi baru dari tahun ke tahun.

Inovasi di dalam teknologi itu cepat dan tidak akan berhenti. Jadi, pelaku bisnis harus betul-betul memahami north star atau tujuan mereka dalam melakukan bisnis,” kata Faradi Bachri, Country Director, Marketing Services ADA Indonesia,  saat wawancara dengan Marketeers, Jumat (30/7/2021)

Kedua adalah data yang dimiliki. Data yang dimiliki oleh perusahaan akan berpengaruh untuk kedepannya. Data tersebut dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan dan meningkatkan bisnis. Data yang dimiliki oleh perusahaan juga dapat diolah untuk kepentingan riset dalam proyek transformasi digital selanjutnya.

Terakhir, fokus pada ekosistem digital. Di dalam ranah digital, satu faktor mendukung faktor yang lainnya. Sehingga untuk mengalami kemajuan, diperlukan ekosistem digital yang mumpuni. Sistem yang dimiliki dapat mendorong kemajuan yang signifikan. Inilah tiga aspek penting yang menjadi krusial dalam melakukan transformasi digital.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X








To Top