Transportation & Logistic

Hankook Tire Tekankan Pentingnya Efisiensi Biaya Operasional Kendaraan

Sektor logistik diperkirakan akan kembali produktif seiring dengan diberlakukannya new normal. Tidak hanya harus menerapkan protokol kesehatan, beberapa hal pun juga harus diperhatikan bagi para pemain di bidang ini, termasuk efisiensi produksi pada aktivitas bisnisnya.

Langkah efisiensi dapat dilakukan dengan menganalisa kembali Biaya Operasional Kendaraan (BOK) bagi kendaraan niaga seperti truk, kargo, dan kontainer. BOK biasa dikelompokkan menjadi dua, yaitu biaya tetap (fixed cost) dan biaya tidak tetap (variable cost). Salah satu unsur biaya tidak tetap yang paling utama adalah konsumsi bahan bakar, konsumsi oli, dan pemakaian ban pada kendaraan.

National Sales Manager Truck and Bus Radial (TBR) PT Hankook Tire Sales Indonesia Ahmad Juweni mengatakan terdapat sejumlah perhitungan dan strategi yang dapat dilakukan pelaku usaha untuk menghemat biaya operasional kendaraan sejak tahap perencanaan pembiayaan.

“Biaya ban seringkali tidak begitu dianggap berpengaruh pada biaya operasional karena biasanya pelaku usaha hanya memperhitungkan harga beli ban saja. Padahal, dengan strategi pemilihan produk dan penghitungan biaya yang tepat, sangat berpengaruh terhadap efisiensi biaya operasional kendaraan,” ujar Ahmad.

Menghitung biaya penggunaan ban dapat dilakukan dengan satuan cost per kilometer (CPK) sebelum memutuskan membeli ban, yaitu harga satu unit ban dibagi jarak tempuh (kilometer) perjalanan yang ditargetkan. Kemudian, akan diperoleh biaya per kilometer untuk satu ban yang nantinya dikali dengan jumlah ban pada kendaraan tersebut.

“Setelah kita mendapatkan forecast CPK, selanjutnya kita cermati lagi fitur-fitur pada ban agar kita bisa mendapatkan jarak tempuh yang paling maksimal. Karena fitur tersebut akan menentukan kualitas performa ban, juga usia ban,” ungkap Ahmad.

Biaya penggunaan ban setidaknya akan memakan sekitar 20-25% dari proporsi biaya operasional kendaraan secara keseluruhan. Karena itu, Hankook Tire meluncurkan produk ban TBR (truck and bus) AH30 pada akhir tahun 2019 lalu.

Produk terbaru ini diklaim dapat memberikan biaya pemakaian ban, CPK yang lebih rendah. AH30 telah megalami peningkatan 10% dari segi daya tampung dan daya tahan serta peningkatan 5% dari segi umur pakai ban dibandingkan produk-produk pendahulunya.

Editor: Ramadhan Triwijanarko

MARKETEERS X








To Top