Communication

Hari Anak Nasional, Ini Pesan Jokowi dan Megawati untuk Anak Indonesia

Dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional tanggal 23 Juli, Kementrian Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia mengajak semua masyarakat Indonesia untuk peduli pada anak, terutama di masa pandemi. Hal tersebut dikarenakan banyak anak Indonesia yang belum mendapatkan haknya. Padahal, tumbuh kembang anak akan menentukan potensi bangsa.

Perayaan Hari Anak Nasional ini bukan hanya selebrasi semata, namun merupakan momentum pengingat bagi bangsa Indonesia untuk selalu memprioritaskan hak-hak dasar anak. Selain itu, sebagai pengingat bahwa kualitas hidup anak itu penting, demi masa depan bangsa yang sejahtera.

Terdapat empat hak-hak dasar anak, yaitu hak untuk hidup, hak untuk tumbuh dan berkembang, hak untuk mendapatkan perlindungan, serta hak untuk berpartisipasi. Pemenuhan hak ini harus terjamin oleh semua masyarakat Indonesia. Hal tersebut sebagai acuan untuk mendukung tumbuh kembang anak secara optimal. Maka dari itu, hak ini harus bisa dinikmati, walaupun di situasi yang sulit, seperti di saat pandemi.

Masa pandemi COVID-19 memaksa anak-anak untuk melaksanakan kegiatannya dari rumah. Di situasi yang tidak pasti ini, anak-anak diharuskan untuk tetap bersemangat dan rajin belajar, walaupun tidak di sekolah. Dalam sambutannya, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau akrab dipanggil Jokowi mengatakan bahwa anak-anak harus tetap semangat untuk belajar dirumah sampai tiba waktunya untuk bisa belajar tatap muka kembali.

“Kalian semua adalah masa depan Indonesia. Saya berharap kalian untuk tetap semangat belajar dan terus bergembira walaupun di kondisi yang sulit ini. Jangan lupa untuk tetap rajin beribadah, berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk memohon perlindungan bagi kita semua, bagi bangsa Indonesia,” tutur Jokowi.

Terakhir, Megawati Soekarnoputri selaku Presiden Republik Indonesia ke-5 juga berpesan bahwa anak-anak Indonesia merupakan generasi penerus banga yang harus tumbuh sebagai anak-anak yang sehat dan pintar. Megawati juga berharap bahwa anak Indonesia harus rajin belajar untuk bisa menuntut ilmu demi menggapai cita-cita mereka.

“Anak-anak di seluruh tanah air kita yang tercinta harus rajin belajar, dan selalu riang gembira. Mereka harus mempunyai cita-cita yang besar, selalu berpikir untuk maju ke depan, serta mempelajari hal-hal yang berguna, baik bagi diri sendiri, dan masa depan bangsa. Saya yakin anak-anak Indonesia sangat memiliki kemampuan dan harapan untuk mewujudkan mimpi dan cita-citanya,” ungkap Megawati.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X








To Top