Industry

Hari Anak Nasional, Tokopedia Bagikan Tips Jaga Kesehatan Mental Anak

Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional   tanggal 23 Juli, Tokopedia melibatkan mitra strategisnya, Big Bad Wolf (BBW) dengan membagikan sejumlah buku khusus untuk anak-anak yang dirawat di Wisma Atlet akibat terpapar COVID-19.  Tidak hanya aktivitas berbagi buku, Tokopedia turut berbagi tips untuk menciptakan suasana rumah yang nyaman.

“Kami berharap buku-buku ini bisa mengisi waktu dan mendorong semangat anak-anak terpapar COVID-19 selama perawatan dan pemulihan di Wisma Atlet,” ujar Ekhel Chandra Wijaya, External Communications Senior Lead Tokopedia pada siaran pers Kamis, (22/07/2021).

Dalam membuat tips, Tokopedia bersama Fathya Artha Utami yang merupakan psikolog anak dan Ria Templer pemilik Utama Spice. Tips ini ditujukan kepada para orang tua yang menjadi sosok penting membangun perkembangan anak.

Pertama, orang tua perlu menjaga keseimbangan antara keluarga dan pekerjaan. Dimana dengan cara menentukan mana yang menjadi prioritas. Pandemi mendorong lebih banyak orang tua bekerja dari rumah sehingga menjaga produktivitas sambil mengasuh anak bisa merupakan tantangan,” terang Fathya.

Kedua, ketahui ciri-ciri anak yang sedang mengalami stres akibat tekanan yang terjadi di rumah.  Menurut Fathya, perubahan perilaku dan emosional serta adanya keluhan fisik pada anak adalah beberapa ciri stres yang bisa dialami anak-anak.

Ketiga, komunikasikan emosi dengan anak secara jujur agar orang tua bisa memahami apa yang dibutuhkan anak. Keempat dampingi anak kelola emosi dengan cara hadapi dengan tenang, anggap semua perasaan anak penting, dengarkan tanpa gangguan.

“Sama halnya dengan orang tua, selama pandemi, anak pun bisa merasakan sedih, takut, tidak aman dan frustasi. Bedanya, orang tua lebih mampu untuk mengelola dan mengekspresikan emosi,” jelas Fathya.

Terakhir, lakukan meditasi atau perawatan diri yang menjadi kegiatan yang menenangkan dan meredakan kecemasan. Ria menyampaikan cara menemukan ketenangan bisa didukung dengan menggunakan essentials oil.

Utama Spice yang menggandeng puluhan petani lokal dalam produksinya menyediakan berbagai aroma, seperti aroma chamomile dan minyak kenanga yang memberi relaksasi. Lalu aroma mint yang dingin dan menyegarkan, hingga aroma minyak kayu putih (cajeput) yang dapat membantu sistem kekebalan tubuh.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X








To Top