Lifestyle & Entertainment

HBD Jisoo! Ini 5 Tips “Marketing Yourself” dari Member Tertua BLACKPINK

Jisoo
Sumber: Instagram Jisoo @sooyaaa__

Happy Birthday Jisoo BLACKPINK. Perempuan kelahiran 3 Januari 1995 ini memang memukau. Bisa dibilang, pemilik nama panjang Kim Jisoo ini punya karier yang gemilang. Tak hanya cantik, member tertua dari girl group K-Pop BLACKPINK ini bisa dibilang sangat lihai dalam memasarkan diri. Visual grup BLACKPINK ini bahkan telah menyebarluaskan personanya hingga ke dunia internasional.

Sebetulnya, seberapa penting sih kita me-marketing-kan diri? Dalam bukunya yang berjudul “Marketing Yourself” (MarkPlus: 2004), Hermawan Kartajaya dengan lugas memaparkan pentingnya marketing bagi diri sendiri.

Ada beberapa keprihatinan yang diulas dalam buku itu. Banyak orang memiliki segudang prestasi, tapi tidak bisa menuai kesuksesan dari prestasinya itu. Contoh lain, banyak orang sudah sukses, tapi berhenti di status quo. Padahal dia bisa mendongkrak kesuksesan yang lebih tinggi lagi.

Paling pahit, ada orang yang mempunyai talenta unik, tapi ia tidak dipakai di perusahaannya sesuai dengan talentanya itu. Penyebabnya tak lain perusahaan dan orang lain tidak tahu dia mempunyai kemampuan tersebut.

“Mereka tidak berpikir secara marketing. Mereka tidak berpikir secara strategis mengenai dirinya sendiri dan potensi yang dimilikinya. Mereka tidak menyikapi namanya sebagai sebuah merek!” kata Hermawan Kartajaya dalam bukunya.

Lain hal dengan yang dilakukan oleh Jisoo. Berikut lima tips marketing yourself dari sosok Kim Jisoo.

Berangkat dari Segmentasi

Segmentasi yang dimaksud di sini adalah melihat pasar secara kreatif alias tidak sekadar mengekor orang lain. Pasar dalam konteks pemasaran diri bisa berupa lingkungan kerja, lingkungan sekolah, organisasi, lingkungan pertemanan, dan sebagainya.

Kreativitas mendapat penekanan di sini. Dalam proses segmentasi ini, kita berupaya menemukan dan menonjolkan apa yang menjadi perbedaan kita dengan orang lain.

Berbekal paras cantik, vokal, dan aksi di atas panggung yang memukau, Jisoo memulai karier dengan melakukan segmentasi, khususnya di dunia hiburan. Berdasarkan film dokumenter BLACKPINK yang dipublikasikan oleh Netflix, Jisoo mengaku pernah ingin menjadi seorang penulis dan pelukis. Namun mimpi itu berubah seiring dengan waktu dan ia memutuskan untuk bergabung dengan kelas acting saat di bangku sekolah hingga mengikuti audisi YG Entertainment -agensi yang menaungi BLACKPINK- pada tahun 2011.

Membawa Positioning sebagai Leader yang kuat

Salah satu yang menonjol dari sosok ini adalah kemampuan leadership-nya. Mungkin hal ini ada pengaruhnya juga dengan statusnya sebagai member tertua dari BLACKPINK. Di luar itu, di beberapa kesempatan Jisoo menunjukkan emosional yang lebih stabil hingga bisa mengayomi rekan-rekannya di BLACKPINK.

Penunjukkan Jisoo sebagai visual grup BLACKPINK rasanya menjadi keputusan yang tepat. Bukan sekadar paras cantiknya, positioning yang dibangun Jisoo ini sekaligus memancarkan pesona tersendiri. Perempuan yang karismatik.

Perkuat Diri dengan Diferensiasi

Perjalanan karier Jisoo tidak hanya soal ketika menjadi anggota BLACKPINK. Perempuan yang sedang merayakan ulang tahun ke-26 hari ini (27 tahun usia di Korea) telah mencicipi beragam profesi. Jisoo pernah membintangi sejumlah acara tv, muncul di beberapa musik video, foto model, master of ceremony, hingga dipercaya menjadi brand ambassador Dior Fashion dan Dior Beauty.

Beragam pencapaian ini didapat karena Jisoo memiliki diferensiasi dan portofolio keahlian yang kuat. Salah satunya yakni keahlian dalam berpose dan berlaga di depan kamera.

Kosisten Jaga Engagement

Membangun personal branding memang bukan proses semalam namun menjadi aktivitas yang dibangun terus-menerus. Seperti yang dilakukan oleh Jisoo. Bukan hanya di dalam panggung hiburan, di luar panggung Jisoo juga memasarkan dirinya hingga dikenal sebagai sosok yang selalu ramah kepada para penggemar.

Banyak cara yang kerap dilakukannya, mulai dari menyapa, hingga menghadirkan konten yang mampu memainkan emosi para audiens. Terbaru, di hari ulang tahunnya tahun ini, Jisoo membagikan fotonya sewaktu kecil seraya berterima kasih atas ucapan dan doa terhadap dirinya hari ini (3/1/2022).

 

Sumber: Instagram @sooyaaa__

Thank you for all the birthday wishes!! Today feels extra special with all my Blinks. Love you guys. + Here’s baby Jisoo,” ujar Jisoo di akun Instagramnya @sooyaaa__.

Hidup dan Berproses

Proses ini tak lain adalah upaya untuk mengembangkan diri secara kontinyu. Tidak pernah puas dengan keadaan dan kenyamanan saat ini. Jisoo senantiasa memperbarui quality, cost, dan delivery.

Seperti yang kita tahu, Jisoo memegang peran penting dalam kesuksesan BLACKPINK kian mendunia hingga menjadi girl group pertama yang berlaga di Coachella pada tahun 2019. Tak puas begitu saja, Jisoo beberapa waktu lalu memulai karya baru. Di bawah arahan YG Entertainment, Jisoo melakoni debutnya sebagai aktris. Ia dipercaya untuk menjadi pemeran perempuan utama drama Snowdrop.

Dari lima pelajaran marketing yourself ala Jisoo ini, poin mana yang Anda paling lihat dari sosok Kim Jisoo?

The Latest

To Top