Heboh Emas Palsu, Manajemen Antam Beri Penjelasan

marketeers article
Ilustrasi emas. (123rf.com)

PT Aneka Tambang (Antam) Tbk menegaskan bahwa seluruh produk emas logam mulia yang mereka produksi dilengkapi dengan sertifikat resmi dan diproses di satu-satunya pabrik pengolahan dan pemurnian emas di Indonesia yang telah tersertifikasi oleh London Bullion Market Association (LBMA). Ini memastikan bahwa emas Antam yang beredar di masyarakat adalah asli dan terjamin kemurniannya.

Terkait isu beredarnya 109 ton emas Antam palsu antara 2010 dan 2021, manajemen Antam menyatakan bahwa informasi tersebut tidak benar. Mereka menjelaskan bahwa 109 ton produk emas logam mulia yang dipersoalkan oleh Kejaksaan Agung terkait dengan penggunaan merek LM Antam secara tidak resmi, sementara produk tersebut adalah produk asli yang diproduksi di pabrik Antam.

BACA JUGA: Cara Menggabungkan Email Marketing dengan Pemasaran Medsos

“Kami memahami kekhawatiran dan keresahan pelanggan terhadap produk emas logam mulia Antam. Seluruh saluran komunikasi produk logam mulia Antam tersedia untuk memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan,” tulis Manajemen Antam dalam laporannya, Jumat (31/5/2024).

Untuk memeriksa keaslian produk Antam atau memperoleh informasi lebih lanjut, pelanggan dapat menghubungi WhatsApp ALMIRA di 0811-1002-002 atau Call Center di 0804-1-888-888.

BACA JUGA: Pesan HK untuk Masa Depan Pemasaran: Dahulukan Values Ketimbang Cuan

Sebagai perusahaan publik dan bagian dari BUMN Holding Industri Pertambangan, Antam terikat oleh berbagai ketentuan dan diawasi secara reguler oleh instansi atau lembaga pemerintah yang berwenang.

“Perusahaan senantiasa berkomitmen menciptakan praktik bisnis yang sesuai dengan Good Corporate Governance dalam setiap lini bisnis,” tulis manajemen Antam.

Dalam hal penetapan tersangka eks GM Antam, perusahaan menghormati proses hukum yang sedang berlangsung dan berkomitmen untuk bekerja sama dengan pihak-pihak terkait jika diperlukan.

Perusahaan memastikan bahwa bisnis logam mulia dan operasional perusahaan secara keseluruhan berjalan normal, serta terus berupaya menerapkan tata kelola bisnis yang baik sesuai peraturan yang berlaku.

Strategi komunikasi Antam dalam menanggapi isu ini mencerminkan pendekatan yang transparan dan akuntabel. Mereka menyediakan saluran komunikasi yang jelas untuk mengatasi kekhawatiran pelanggan, sekaligus menegaskan komitmen terhadap standar operasional yang tinggi dan kepatuhan terhadap regulasi.

Hal ini penting untuk menjaga kepercayaan pelanggan dan reputasi perusahaan di pasar. Dengan langkah-langkah ini, Antam tidak hanya berupaya memulihkan kepercayaan publik tetapi juga memperkuat posisinya sebagai produsen emas logam mulia yang dapat diandalkan.

Pendekatan ini menunjukkan bagaimana perusahaan dapat menggunakan strategi komunikasi yang efektif untuk menghadapi krisis dan mempertahankan integritas mereknya di tengah tantangan.

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related