Heboh Perselingkuhan Suami TikToker Lewat Aplikasi Discord, Apa Itu?

marketeers article
Ilustrasi Discord (Foto: 123rf)

Media sosial kembali dihebohkan dengan isu perselingkuhan. Kali ini melibatkan suami TikToker Ira Nandha, yang merupakan seorang pilot, dengan pramugari. Dalam sebuah unggahan di Instagram sang istri sah, diketahui keduanya berkomunikasi lewat Discord.

Hal itu terlihat dari tampilan Discord yang khas, yakni berlatar hitam dengan bubble chat kedua pengguna yang berada di sisi yang sama. Di samping nama pengguna, terpampang pula waktu chat dikirim yang berupa tanggal serta jamnya.

Lewat Discord, suami Ira terlihat menggunakan kata-kata sayang ke sosok yang diduga selingkuhannya. Tidak sampai di sana, ia dan selingkuhannya juga membicarakan soal kondom yang hilang sampai foto pamer paha. 

Kejadian ini tak ubahnya membuat segelintir warganet terkejut. Banyak yang tak menyangka bahwa perselingkuhan tersebut dilakukan melalui platform yang identik digunakan oleh para gamers.

BACA JUGA: Google Play Uji Coba Fitur Bisa Uninstall Aplikasi dari Perangkat Lain

Kemarin lewat gojek, sekarang lewat discord. Curiga nanti ada yang selingkuh lewat MyPertamina,” tulis seorang warganet di kolom komentar unggahan Ira. Lantas, sebenarnya apa itu Discrod?

Mengenal Discord Beserta Fiturnya

Melansir PCMag, Discord sejatinya adalah platform yang sering digunakan para gamer untuk berkomunikasi secara online. Ini memungkinkan penggunanya mengobrol melalui suara, video, teks, bahkan bergabung dengan server tempat komunitas yang lebih besar.

Discord memiliki beberapa fitur utama, salah satunya server dan saluran (channels). Ini memungkinkan untuk berkomunikasi dengan pengguna lain melalui suara atau teks, layaknya Zoom Meetings.

Ya, platform tersebut memang mendukung panggilan suara dan video antarpengguna, baik dalam saluran suara atau panggilan pribadi. Fitur ini umumnya digunakan untuk rapat daring, sesi permainan, atau obrolan informal.

Di samping itu, Discord juga memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi melalui pesan teks seperti di aplikasi chat pada umumnya. Pesan dapat mencakup teks biasa, gambar, video, atau tautan.

BACA JUGA: DevOps, Proses Pengembangan Software Lebih Terintegrasi

Discord juga mendukung bot, yang merupakan program otomatis yang dapat menambahkan berbagai fungsi ke server. Seperti pemutar musik, sistem pengaturan peran otomatis, atau permainan kecil.

Mengingat platform ini seringkali digunakan oleh gamers, tak ayal bila Discord juga terintegrasi dengan game tertentu. Ini memungkinkan pengguna berbagi status permainan, berkomunikasi dengan sesama pemain, dan melakukan panggilan suara tanpa meninggalkan permainan.

Meski begitu, bukan berarti Discrod hanya bisa digunakan di laptop atau komputer. Discord memiliki aplikasi mobile untuk Android dan iOS, sehingga pengguna dapat tetap terhubung dan berkomunikasi di mana pun mereka berada.

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related