Automotive

Henry Tanoto: Pertumbuhan Penjualan Mobil Tahun Ini Beri Efek Domino

Henry Tanoto
Foto: Henry Tanoto (Dokumentasi PT TAM)

Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengungkapkan bahwa pertumbuhan penjualan mobil di Indonesia tahun ini melahirkan efek domino yang baik bagi ekosistem industri otomotif. Melihat data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil di Indonesia tahun ini menunjukkan pertumbuhan yang positif dibanding tahun 2020. Capaian ini menjadi sinyal positif dan optimisme untuk menghadapi tahun 2022.

Data Gaikindo menunjukkan penjualan mobil baru per November 2021 sudah lebih dari 760 ribu unit atau tumbuh sekitar 66,5% dibanding periode yang sama pada tahun lalu. Sementara angka produksi tahun ini di atas 1 juta unit. Angka ini telah melampaui target akhir tahun yang mencapai 750 ribu unit.

Dari data ini, Toyota masih berada di urutan teratas dengan pangsa pasar sekitar 33,3% dengan raihan penjualan lebih dari 263 ribu unit selama Januari-November 2021 atau meningkat hampir 85% dibandingkan tahun lalu di periode yang sama. Performa ini tak lepas dari membaiknya perekonomian Indonesia dan sejumlah stimulus yang dilakukan oleh pemerintah. Salah satunya berkat kebijakan diskon Pajak Penjualan Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM-DP) untuk mobil baru bermesin 1.500cc.

“Diterapkannya PPnBM sejak Maret 2021 tak hanya mendorong pertumbuhan penjualan domestik tetapi berdampak pada pertumbuhan produksi lokal dan kinerja supply chain. Pasalnya, lebih dari 90% produk Toyota adalah karya anak bangsa. Sebab itu, demand yang meningkat akan memutar roda perekonomian dan melahirkan efek domino yang baik,” jelas Henry Tanoto.

Peningkatan penjualan ini terlihat signifikan, khususnya di produk yang masuk ke dalam program PPnBM. Tapi, kendaraan yang tidak masuk ke dalam program PPnBM juga turut tumbuh. Kondisi ini menjadi sinyal positif bagi kita semua bahwa secara bertahap industri otomotif kembali seperti semula. Selain itu, hadirnya berbagai pelaksanaan pameran berskala besar, seperti Indonesia International Motor Show (IIMS) dan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) juga dinilai mendorong pertumbuhan pasar otomotif di Indonesia. ”

“Di kubu Toyota, sepanjang tahun 2021, perusahaan telah meluncurkan sekitar 14 produk. Terbaru, TAM meluncurkan All New Toyota Avanza, All New Toyota Veloz, dan All New Toyota Raize. Tak hanya produk, TAM juga melahirkan inovasi melalui Toyota Mobility Solution, seperti program Easy Deal, Toyota Official Store Solution, Trade In, Live Showroom dan lainnya. Berbagai upaya ini dihadirkan untuk memberi stimulus ke pasar dan memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan Toyota,” tutup Henry.

The Latest

To Top