Finance

Hingga Mei 2021, Dana Kelolaan Astra Life Meningkat 17,6%

Hingga Mei 2021, Astra Life berhasil menghimpun dana kelolaan hingga Rp 9,64 triliun. Angka ini naik 17,6% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Kondisi perekonomian yang terus membaik menjadi faktor pendukung peningkatan tersebut. Hal in terlihat dari membaiknya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang pada penutupan Mei 2021 yang secara year-on-year (yoy)naik sebesar 25,11%.

“Astra Life mencatatkan perkembangan yang positif menuju pertengahan tahun 2021. Dana kelolaan ini terdiri dari produk unit link, non-unit link dan Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) Astra,” kata Windawati Tjahjadi, Presiden Direktur PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life).

Peningkatan terbesar diperoleh dari dana kelolaan dari produk-produk unit link Astra Life yang meningkat 30% YoY Mei 2021, yaitu sebesar Rp 4,53 triliun. Hal ini sejalan dengan kinerja unit link fund Astra Life yang memberikan imbal hasil yang baik dan lebih unggul dibandingkan fund sejenisnya.

Sebagai contoh, AVA Secure Fund yang mampu memberikan imbal hasil sejak peluncuran sebesar +37,35%, lebih baik dibandingkan tolok ukurnya sebesar +32,12%. Begitu juga dengan AVA Fixed Income Plus Fund yang memberikan imbal hasil lebih tinggi, yaitu sebesar +58,78% dibandingkan dengan tolok ukurnya sebesar +57,13%.

Selain itu, AVA Growth Plus Fund mencatakan kinerja bulanan yang lebih baik, yaitu -0.61% dibandingkan dengan tolok ukur sebesar -0,80%. Tidak heran unit link fund tersebut adalah yang paling banyak dipilih oleh nasabah dari 12 unit link fund yang saat ini dikelola oleh Astra Life.

Produk unit link Astra Life yang dipasarkan melalui jalur distribusi bancassurance dan direct saat ini masih menjadi kontributor terbesar di Astra Life. Pencapaian ini juga tidak lepas dari dukungan pemerintah yang memberikan izin kepada Astra Life untuk melakukan penjualan produk unit link secara digital, sehingga memudahkan nasabah untuk bisa memperoleh produk perlindungan jiwa yang dikaitkan dengan investasi ini dengan pertemuan langsung secara digital.

“Dengan strategi yang tepat, Astra Life akan terus menjaga kepercayaan nasabah agar dapat dapat memberikan imbal hasil investasi yang optimal meski dalam kondisi pasar yang tidak menentu seperti saat ini,” tambah Windawati.

MARKETEERS X








To Top